IKLAN YARA

Kegiatan Peningkatan Kemampuan Polsuspas Di Lapas Garut

oleh -10.489 views
Kegiatan Peningkatan Kemampuan Polsuspas Di Lapas Garut
Kegiatan Peningkatan Kemampuan Polsuspas Di Lapas Garut
UPDATE CORONA

Bogor I Realitas – Dalam rangka penyegaran dan pelatihan peningkatan kemampuan anggota Polsuspas di bidang teknis kepolisian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat melaksanakan Kegiatan Pembinaan Teknis Kepolisian Khusus Pemasyarakatan (Binteknis Polsuspas) di Aula Lapas Garut, Kamis (14/10/21).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Taufiqurrakhman) didampingi Kalapas Garut (RM. Kristyo Nugroho), Karutan Garut (I Wayan Bondan), Kabapas Garut (Kadar Rusmana) dan Kasi Korwal Polsuspas Polda Jabar (AKP Hikmat) membuka secara langsung kegiatan Binteknis Polsuspas ini. Kegiatan diikuti 50 orang petugas, yang terdiri dari : 25 orang Petugas Lapas Garut dan 25 orang Petugas Rutan Garut.

BACA JUGA :   BIN Gelar Vaksinasi Lanjutan di Kabupaten Bogor

Dalam sambutannya, Kalapas menyampaikan “terima kasih kepada Polda Jabar yang telah berkenan memberikan pelatihan Binteknis Polsuspas kepada jajaran Petugas Pemasyarakatan di wilayah Garut. Semoga dengan adanya kegiatan Binteknis Polsuspas ini, menjadi bekal bagi petugas dalam mendukung pelaksanaan tugasnya”.

Sementara itu Kadivpas dalam amanatnya berpesan, “Ikuti dan cermati dengan baik semua materi yang akan diberikan oleh instruktur sebagai bekal saudara dalam melaksanakan tugas, agar menjadi Petugas Pemasyarakatan yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas. Selain itu, saya mengingatkan kepada seluruh petugas agar senantiasa mempedomani Surat Keputusan Dirjenpas tentang Prinsip Dasar Pemasyarakatan (Back to Basics), diantaranya : Tidak meninggalkan tempat tugas sebelum waktunya, Lakukan deteksi dini berupa kontrol keliling setiap jam pada titik – titik rawan serta Lakukan Penggeledahan secara cermat dan teliti, terhadap Badan / Barang dan Kendaraan, yang akan keluar – masuk Lapas / Rutan.

BACA JUGA :   Wartelsus, Sarana Komunikasi Warga Binaan

Hal terpenting dalam mendukung pelaksanaan program ini, harus ada niat yang baik dalam diri kita serta diiringi dengan do’a”, ujar beliau sekaligus membuka acara Bintek.

BACA JUGA :   Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Adapun jenis pelatihan yang diberikan pada Binteknis Polsuspas ini berupa pemberian materi tentang “Tupoksiran Polsus”, yang dilanjutkan dengan praktik lapangan tentang penggunaan alat utama PHH (Tameng, Tongkat dan Rompi) beserta gerakan teknik dasarnya. (Deddy Karim)