IKLAN YARA

Pembangunan Bendungan Sebaiknya Sinergi Dengan Tiga Kementrian

oleh -60.489 views
Pembangunan Bendungan Sebaiknya Sinergi Dengan Tiga Kementrian
UPDATE CORONA

Jabar I Realitas – Melalui kata sambutan Presiden Jokowi sampaikan rasa hormat kepada semua undangan yang hadir dalam acara peresmian Bendungan Kuningan yang bertempat di bendungan Kuningan jl raya Luragung – Cibingbin Desa Randusari kecamatan Cibeureum kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Peresmian tersebut turut hadir Menteri PUPR,Menteri Seketariat Negara,anggota Komisi V DPR RI Mulyadi, Bupati Jabar, Bupati kuningan.

Ucapan Alhamdulillah pun di sampaikan Presiden Jokowi atas selesai nya bendungan Kuningan di provinsi jabar yang telah dibangun selama 7 tahun dengan biaya 513 Milliar rupiah sudah selesai dan sudah siap untuk di fungsikan dengan kapasitas tampung 25,9 juta m3.

BACA JUGA :   Polri Kirim 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

” Alhamdulilah bendungan ini akan mensuplai air secara kontinyu menyediakan air pertanian irigasi bagi 3000 hektar sawah masyarakat di Kabupaten Kuningan Kabupaten Cirebon dan kabupaten Brebes” terang Jokowi, Senin (31/08/2021)

Lanjut, Jokowi menyampaikan jika suplai air untuk irigasi tetap terjaga maka petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi dua atau tiga kali setahun sehingga dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani.

BACA JUGA :   DPP LPPI ; Hormati Hasil Putusan MA dan MK Terkait Pegawai KPK !

Bendungan tersebut juga  sangat bermanfaat untuk ketahanan air dan mengendalikan banjir serta menyediakan air baku 0,30 m3 per detik serta menghasilkan listrik 0,5 MW.

Jokowi berharap agar Bendungan tersebut disambungkan dengan penataan jaringan irigasi mulai saluran primer, saluran sekunder, saluran tersier sampai ke kuarter.

Hal ini penting ditekankan agar kehadiran betul betul bermanfaat menyediakan air bagi para petani.

BACA JUGA :   Jadi Tersangka Dugaan TPK, Waka DPR RI AZ Dijemput Lalu Ditahan KPK

Di hari yang sama, Anggota DPR RI Muluadi sampaikan ke Presiden Jokowi agar kedepan pembangunan harus sinergi tiga kementerian yakni Menteri PUPR,menteri ESDM dan menteri Pariwisata mengingat fungsi ketiga Menteri adalah pupr : sumber air baku,irigasi pertanian dan pengedalian banjir dan Menteri ESDM : Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) serta Menteri Pariwisata : destinasi wisata. (Deddy Karim)