DPRD Kotim Dorong PBS Bantu Pemerintah Atasi Stunting

oleh -99.579 views
DPRD Kotim Dorong PBS Bantu Pemerintah Atasi Stunting

SAMPIT | Realitas – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Rudianur mendorong perusahaan besar swasta (PBS) turut membantu pemerintah dalam menekan angka stunting.

Informasi yang berhasil diperoleh wartawan ini bahwa, menurut Rudianur itu bisa dilakukan dengan cara memberikan bantuan gizi baik kepada anak-anak yang mengalami stunting ataupun kepada ibu hamil.

“Saya mendorong kepada perusahaan agar dapat membantu, karena dengan situasi keuangan daerah yang juga merosot maka bagaimana caranya agar pihak PBS terutama perkebunan kelapa sawit yang besar-besar bisa membantu penekanan angka stunting,” kata Rudianur, Rabu, (1/09/2021).

Sebagaimana kita ketahui bahwa Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kata Rudianur mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting.

Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Menurut Rudianur, dengan adanya program CSR di setiap perusahaan maka perusahaan harus memetakan daerah mana yang ada kasus stunting. Jadi harus mendata masyarakat yang terkena stunting.

Rudianur menilai, selama ini Pemerintah sudah cukup bagus dalam menangani kasus stunting, bahkan sudah turun beberapa persen. [Misnato]