IKLAN YARA

Selesai KKN, Mahasiswa UIN Suska Riau Tatap Muka Dengan Perangkat Kelurahan Kampung Baru

oleh -120.489 views
Selesai KKN, Mahasiswa UIN Suska Riau Tatap Muka Dengan Perangkat Kelurahan Kampung Baru
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Selama satu setengah bulan mulai dari tanggal 15 Juli hingga 30 Agustus 2021 pengabdian mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dr Plus UIN Suska Riau tahun 2021 di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan kota Pekanbaru telah berakhir.

Rangkaian kegiatan penutupan dan pelepasan mahasiswa KKN UIN Suska tersebut dilaksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Dihadiri langsung oleh Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos yang didampingi Sekretaris Lurah Yasir Hidayat A.Md, Ketua LPM Kelurahan Nazarudin Romo, Ketua Forum RT/RW Kelurahan Alfitri, Babinsa Kelurahan Masrial Amir, Ketua Kelompok mahasiswa KKN UIN Suska Roni Setiawan beserta rombongan.

Uniknya sebelum melanjutkan kegiatan, seluruh para peserta diajak melantunkan shalawat nabi yang berjudul Allahul Kaafii Rabbunal Kaafii, terlihat suasana terbawa haru.

Dalam penyampaian laporan kegiatan, ketua kelompok KKN Dr Plus UIN Suska Riau tahun 2021 Roni Setiawan menyampaikan kesan yang baik terhadap dukungan moril maupun tenaga dari pemerintah Kelurahan Kampung Baru.

“Begitu juga dengan pendampingan dari yang diberikan oleh Babinsa serta babinkamtibmas yang terus membantu kami dalam menjalankan kegiatan program tugas KKN dengan selalu menghimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Roni.

BACA JUGA :   Mahasiswa Cilegon Apresiasi Polri Dalam Cegah Penyebaran Covid-19

Ia juga tidak menepis terdapat banyak kendala selama menjalankan program tugas kerja nyatanya selama dilapangan, mengingat situasi pandemi Covid-19 di kota Pekanbaru masih PPKM pada level 4.

“Kondisi ini menjadi permasalahan bagi kita semua, ada beberapa kegiatan offline atau interaksi langsung dengan masyarakat yang tidak terlaksana seperti acara puncak kemerdekaan 17 Agustus, kegiatan perlombaan Adzan di Masjid Al-Gufron dilingkungan RT. 01 RW. 03 dan beberapa kegiatan lainnya,” sebut Roni.

“Maka kami mengalihkan semua kegiatan dengan cara pemaparan melalui media Flyer tentang sosial engineering yaitu rekayasa sosial yang menjelaskan kepada masyarakat agar tidak tertipu terhadap informasi-informasi yang tidak jelas melalui pesan SMS maupun pesan sosial lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya, mahasiswa KKN Dr Plus UIN Suska Riau tahun 2021 yang terdiri dari sebanyak lebih kurang 15 orang tersebut juga menyampaikan kepada masyarakat tentang perlindungan hukum tentang data-data pribadi.

BACA JUGA :   Bawa 48,36 Kilogram Bahan Peledak, Nelayan Ditangkap di Tengah Laut

“Jadi disini kami memberikan wawasan kepada masyarakat tentang bagaimana kita menyiasati ancaman dari seseorang yang telah menyebarkan data pribadi kita. Maka kita tegaskan kepada masyarakat bahwa hal ini telah melanggar ketentuan hukum yang berlaku dan bisa dipidanakan,” sebut Roni.

Menghadapi situasi pandemi Covid-19, Roni juga menyebutkan berupa memasang iklan layanan masyarakat tentang aturan pelaksanaan PPKM, seperti menyampaikan informasi tentang penyekatan ruas jalan, memberikan informasi kepada para pelaku usaha kuliner agar melayani tamu dengan kouta sebanyak 50 persen dan penerapan disiplin protokol kesehatan.

“Dan yang terakhir kita juga mengajak masyarakat dimasa pandemi Covid-19 agar dapat melakukan penghematan uang dengan cara membuat iuran bulanan yang disisihkan dari sebagian uang penghasilan, dan juga selalu memperhatikan pengeluaran keuangan belanja setiap harinya,” tutup Roni Setiawan.

Ditempat yang sama, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dr Plus UIN Suska Riau tahun 2021 yang telah memberikan pengetahuan bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA :   Bentrokan Eks Karyawan, Humas PT PEU Lakukan Klarifikasi

“Tentunya dengan adanya pengabdian mahasiswa ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga hal ini dapat menjadi pengalaman pembelajaran bagi adek-adek mahasiswa dalam berkomunikasi sosial dengan masyarakat,” ujar Lurah Yeni.

Selain itu, menurut Lurah Yeni pengabdian mahasiswa yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan memberikan pengajaran ilmu pengetahuan membuat hand sanitizer secara alami.

“Nantinya inovasi membuat hand sanitizer ini akan kita berdayakan melalui UMKM yang ada diwilayah Kelurahan Kampung Baru,” sebut Lurah Yeni.

“Kami atas nama pemerintah kelurahan kampung baru beserta perangkatnya, apabila selama berinteraksi dan berkomunikasi dengan adek-adek mahasiswa ada tindakan serta kata-kata yang salah maka kami terlebih dahulu meminta ma’af sebesar-besarnya.

Semoga pengabdian ini dapat membekas bagi masyarakat secara keseluruhan,” tutup Lurah Yeni.

Sebagai rasa kasih sayang yang pernah terjalin, Lurah Kampung Baru beserta perangkatnya memberikan suapan kue kepada mahasiswa secara bergantian dan dilanjutkan dengan berfoto bersama. *(mirza)