IKLAN YARA

Makanan Olahan Frozen Food Menjadi Inovasi Produk Unggulan

oleh -212.489 views
Makanan Olahan Frozen Food Menjadi Inovasi Produk Unggulan
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas – Tim KKNT FKIP universitas samudra di kampung Sidodadi melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan olahan sayuran menjadi frozen food menjadikan produk makanan makanan yang memiliki nilai jual tinggi sebagai wirausaha kreatif dengan membuat makanan olahan menjadi tahan lama dengan pemuda dan pemudi kampung sidodadi.

Tim KKNT FKIP Unsam terdiri atas Rian Faizuri (P. Sejarah), Nafsiah, Najira, Tesa Oktavianti (P. Biologi), Pitriyani (P. B. Inggris), Sumiati Br. Maha (P.B. Indonesia) Rita audia (P. Geografi), Rismawati (P. Fisika), Eliana (P. Kimia) dan Riki Alfani (PGSD) yang diimbing oleh bapak Azrul Rizki, S.Pd., M.Pd. Mahasiswa yang terdiri dari 10 orang ini membentuk tim produksi pengelolaan berbagai jenis sayur menjadi cemilan sehat.

Kampung Sidodadi dikelilingi wilayah yang memiliki hasil kebun yang melimpah, Beberapa Masyarakat Sidodadi pun memiliki kebun sayur sendiri, Namun demikian masyarakat hanya menjual hasil sayur dalam bentuk mentahan.

Dengan adanya permasalahan tersebut cetusan pembuatan olahan Frozen food menjadi inovasi pengelolaan sayur menjadi makanan olahan yang dapat digemari semua kalangan.

Makanan Olahan Frozen Food Menjadi Inovasi Produk Unggulan

Kegiatan ini menjadi inovasi penjualan masyarakat yang tidak hanya menjual sayuran dalam bentuk mentahan saja, namun dalam bentuk olahan yang bisa bertahan lama (frozen food) seperti nugget, bakso dan sosis yang berbahan sayuran.

Sehingga anak-anak yang sukar memakan sayur dapat menjadikan frozen food sebagai pengalihan perhatian memakan sayur dari berbagai olahan frozen food.” Ujar mahasiswa KKN Sidodadi.

Pengembangan pelatihan ini dibimbing langsung oleh bapak azrul rizki, S.Pd., M.Pdsebagai upaya inovasi pengelolaan “Pelatihan ini merupakan hal yang sangat baik untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Frozen food menjadi salah satu alternatif pengelolaan hasil panen bagi ibu rumah tangga yang memiliki kebun sayur ataupun terbentuknya tim produktif untuk menjadikan makanan olahan frozen food ini menjadi lahan usaha baru bagi masyarakat”.

. Produk olahan makanan Nugget dan Bakso
Produk olahan makanan Nugget dan Bakso

Dalam kegiatan ini juga bapak salim selaku datol kampung Sidodadi sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKNT FKIP “Saya datok penghulu kampung sidodadu berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat sidodadi Kec. Seruway, Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak dosen pembimbing dan kepada mahasiswa yang telah mengedukasikan kegiatan ini” ujar datok penghulu.

Kegiatan pengelolaan produksi ini disambut hangat dan antusias masyarakat kampung sidodadi sehingga semangat masyarakat langsung dilantiknya ketua Tim produksi Anisa Rahma Dewi mengatakan “Yang pertama saya mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibu dan mahasiswa KKNT FKIP Unsam, terima kasih juga atas ilmunya yang diberikan dalam pembuatan makanan frozen food.

Menurut saya kegiatan ini menjadi pembelajaran untuk membuat usaha kecil-kecilan apalagi pembuatan olahan frozen food tidak memerlukan biaya yang mahal, mereka juga (Mahasiswa-mahasiswi) mengedukasikan pemasaran dan cara packing yang baik agar produk terlihat menarik untuk dipasarkan, Kami berharap semoga produk frozen food yang menjadi produk unggulan di kampng sidodadi dapat dikenal oleh masyakarat lain” (*)