IKLAN YARA

Peran Penting Posyandu Untuk Kesehatan Masyarakat di Desa Blang Buket Kecamatan Peudawa

oleh -219.489 views
Peran Penting
Foto : Mahasiswi IAIN Langsa, fakultas febi, Nanda Wahyuni
UPDATE CORONA

Oleh : Nanda Wahyuni, Mahasiswi IAIN Langsa, fakultas febi, prodi manajemen keuangan syariah

Posyandu mulai digiatkan pada awal tahun 2000 an dan sukses menjadi tempat binaan untuk bayi, ibu hamil, lansia dan balita sampai sekarang ini.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kermatian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, sedangkan posyandu biasanya dilakukan sebulan sekali bersama warga/masyarakat setempat dan dibimbing oleh penyuluhan kesehatan dari petugas puskesmas.

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa tidak perlu membawa anak-anak ke posyandu saat tidak ada jadwal imunisasi.

Padahal kunjungan ke posyandu bukan hanya untuk melengkapi imunisasi saja, di posyandu ibu-ibu bisa mengontrol berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala si kecil.

Dengan mecegah berbagai keluhan sejak dini kita bisa lebih mudah untuk menghadapi masalah kesehatan sikecil nantinya.

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) memiliki peran yang sangat penting untuk pengawasan pertumbuhan dan juga perkembangan bayi.

Pertumbuhan anak pada usia 3 tahun pertama paling penting terutama untuk mental dan fisik anak tersebut, periode usia anak 3 tahun juga memiliki resiko yang cukup besar salah satunya seperti resiko kekurangan gizi, risiko ini apabila tidak diatasi dan diawasi dengan cepat, maka akan memberikan dampak buruk yang terbawa hingga seumur hidupnya.

Salah satu upaya untuk melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak di usia 0 hingga 5 tahun adalah mengadakan posyandu sacara rutin setiap sebulan sekali.

Manfaat posyandu yaitu untuk mengetahui berat badan bayi, posyandu juga berfungsi untuk memberikan imunisasi lengkap pada bayi seperti memberikan vitamin.

Penimbangan berat badan, pengukuran tinggi, dan evaluasi tumbuh kembang, hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat dalam buku KIA atau KMS.

Salah satu masyakarakat desa Blang Buket meminta kepada pihak yang bersangkutan, agar lebih meningkatkan dalam menyukseskan kegiatan posyandu di masa pandemi.

Kegiatan yang wajib diselenggarakan paling sedikit sebulan sekali, agar lebih mempermudah masyarakat desa blang buket untuk mengecek kesehatan anak-anak mereka.

Mari sama-sama kita mensukseskan program posyandu dimasa pandemi ini agar tidak lagi vakum.