Ketua Harian LAM Riau Harap HMMR Bisa Lestarikan Budaya Melayu Lebih Berkembang

oleh -109.489 views
HMMR

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Himpunan Mahasiswa Melayu Riau (HMMR) Provinsi Riau periode 2021-2026 secara resmi dikukuhkan pada Selasa (27/04/21) Sore di Aula Kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Kegiatan dihadiri oleh Asisten I Setda Provinsi Riau Jendri S Ginting, Ketua Harian LAM Riau Syahril Abu Bakar, Karo Adminidtrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Riau Alzuhra, Kadis Kebudayaan Yoserizal, Ustadz TGH Syafruddin Soleh Sei Gergaji, pengurus dan anggota HMMR, serta para tamu undangan.

REALITAS TV

Adapun tema yang diangkat yakni mewujudkan mahasiswa melayu sebagai ujung tombak pelestari adat istiadat budaya melayu RIAU.

Dalam hal ini, Ketua Harian LAM Riau Syahril Abu Bakar mengharapkan kepada mahasiswa melayu Riau yang baru saja dilantik dapat menjadi kemajuan dalam menjadikan kebudayaan melayu yang ada di provinsi.

“Lembaga Adat Melayu Riau sangat mendambakan bangkitnya pemuda maupun mahasiswa yang bisa mempertahankan adat istiadat kebudayaan melayu. Maka dengan adanya himpunan mahasiswa ini, kami yakin persaingan global yang berkembang maju hingga saat ini tidak akan bisa mengerus kebudayaan melayu itu sendiri,” ujar Syahrir.

Selain itu, terkait profesi dan keahlian dalam menghadapi persaingan kerja, LAM Riau sebagai induk perhimpunan mahasiswa ini akan berupaya memberikan peluang dan kesempatan serta prioritas utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

“Perekrutan tenaga kerja di Riau yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan masih mencari kredibilitas dan kemampuan dalam bekerja, tetapi yang kita amati selama ini pihak perusahaan tidak memakai pekerja tempatan atau putra daerah. Kita memiliki Peraturan Daerah yang telah mengatur itu, maka kita akan dorong pemerintah untuk menerapkan ini. Sehingga apabila ada usaha yang baru buka agar nantinya dapat berjalan sesuai aturan yaitu 60 sampai 70 persen menggunakan tenaga kerja lokal,” tegas Syahril.

Terakhir kepada pengurus dan keanggotaan HMMR agar dapat segera mempersiapkan diri dan meningkatkan kompetensi serta keahlian sesuai bidang ilmunya masing-masing.

“Intinya mereka dapat mengembangkan nilai-nilai budaya melayu dan memperdalam ilmu tentang tunjuk ajar melayu,” tutup Ketua Harian LAM Riau.

Sementara itu, usai melantik pengurus dan anggota HMMR Asisten I Setda Provinsi Riau Jendri S Ginting berpesan agar dapat menjunjung tinggi adat melayu sebagai payung adat negeri, dengan selalu membudayakan sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut bisa dikembangkan dimana saja.

“Karena kita lihat kedepannya, bahwa kompetensi di bidang pekerjaan maupun swasta harus adanya ilmu, sains, dan kemampuan berteknologi. Untuk itu, kita berharap putra putri melayu kita dapat bersaing secara transparan,” urai Jendri S Ginting menyampaikan pesan Gubernur Riau.

Usai dilantik Dewan Pengurus Harian (DPH) HMMR S. Khoir menyampaikan bahwasanya wadah organisasi ini merupakan perkumpulan generasi muda dari mahasiswa dari universitas-universitas di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

“Kita ada untuk melestarikan perkembangan dan memberdayakan budaya melayu di Riau baik nasional maupun internasional,” sebut S. Khoir seraya mengatakan itulah target utama HMMR.

“Untuk program jangka panjang, kita akan mengangkat destinasi wisata yang ada di provinsi Riau. Seperti contohnya mengembangkan potensi pulau jemur yang ada di rokan hilir dan wilayah lainnya,” tutup S. Khoir.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah agama, dilanjutkan dengan berdiskusi dan berbuka puasa bersama. (Mirza)

UPDATE CORONA