Ratusan Warga Belawan Gelar Aksi “Selamatkan Belawan Dari Banjir Rob

oleh -119.489 views
Ratusan

IDUL FITRI

Belawan I Realitas – Ratusan masyarakat Belawan melakukan aksi turun kejalan disaat banjir pasang air laut yang selama ini menyelimuti Kawasan Kota Belawan dan meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah Kota Medan dan 100 Perusahaan yang ada di Kota Belawan segera berkolaborasi untuk membangun tanggul pada Selasa, (27/4/2021) pukul 13.00 Wib disepanjang Jalan Sumatera, Kelurahan Belawan 1, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

REALITAS TV

Hal ini dilakukan karena masyarakat Belawan sudah jenuh menghadapi permasalahan banjir yang kian lama debit airnya semakin meningkat dan tidak adanya kebijakan (tindakan) aparatur pemerintah untuk dapat mengatasi permasalahan banjir dan menuntut janji-janji mereka sebelum menduduki jabatannya.

“Pemprovsu, Pemko Medan dan 100 perusahaan yang ada di Kota Belawan seharusnya berkolaborasi untuk mengantisipasi banjir rob dan kami tidak ingin puluhan ribu warga Kecamatan Medan Belawan terus menderita. Selamatkan Belawan dari banjir rob”, ucap H Irfan Hamid

“Kota Belawan akan tenggelam pada 2030 jika pemerintah tidak segera memperbaiki infrastruktur lainnya dan membangun tanggul rob. Banjir rob tahun ini merupakan yang terbesar sejak tahun 1980-an”, Lanjutnya.

Banyaknya kawasan hutan mangrove dijadikan lahan kebun sawit sehingga membuat daerah resapan air semakin berkurang karena hutan mangrove yang selama ini diketahui sebagai daerah resapan air sudah beralih fungsi dan mendesak wakil rakyat seperti DPRD Tk 1 serta DPRD Tk 2 untuk fokus menata Kota Belawan dalam pemangunannya.

Belawan adalah Kota Maritim yang memiliki peran utama dalam pembangunan sistem kota dan memiliki peran penting dalam sirkulasi pergerakan ekonomi kawasan barat sehingga menjadi entry point bagi Provinsi Sumut.

“Berharap Walikota Medan dan Dirut PT Pelindo 1 semoga memiliki semangat yang sama dalam merancang untuk mewujudkan Port City Structuring Concept sehingga nantinya Kota Belawan menjadi Kota Pelabuhan yang bersih, asri serta layak wisata sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup warga dalam berbagai aspek”, Harapnya.

Aksi Selamatkan Belawan Dari Banjir Rob tersebut diwarnai dengan penandatatangan spanduk sepanjang 15 meter oleh masyarakat sepanjang Jalan Sumatera serta masyarakat pengguna jalan, masyarakat Belawan juga melakukan aksi teatrikal dengan mendayung sampan sebanyak 2 unit, menjala ikan dan memancing ikan di ruas jalan yang digenangi pasang air laut setinggi setengah meter lebih. (Win).

UPDATE CORONA