Generasi Milenial Memanfaatkan Waktu Untuk Berbisnis di Bulan Ramadhan Pada Saat Pandemi

oleh -181.489 views
ramadhan
Foto : Wahidah Yusti Mahasiswa IAIN Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Wahidah Yusti Mahasiswi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Langsa 

Sudahkan kalian memanfaat kan waktu dibulan ramadhan pada saat pandemi??

REALITAS TV

Bulan ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam setiap tahunnya. Ramadhan memang menjadi berkah dan bulan penuh ampunan bagi yang menikmati dan ikhlas dalam menjalaninya. Ada banyak sekali keberkahan yang yang bisa didapatkan dari bulan penuh berkah ini, salah satunya berbisnis.

Ramadhan atau orang biasa menyebutnya dengan bulan puasa, memang menjadi momen paling pas untuk berbisnis.

Karena saat bulan puasa biasanya permintaan pasar akan berbagai produk, mulai dari makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya meningkat pesat. Maka, banyak yang mengatakan bahwa di bulan puasa, berjualan apa pun pasti akan laku.

Memontum ini pastinya sering terjadi pada generasi milenial, Generasi milenial adalah generasi yang mudah terpecah fokusnya. Mereka dikenal memiliki kretaivitas berbisnis yang lebih modern dibanding orang zaman dulu.

kreativitas generasi milenial dalam berbisnis di era wabah pandemi sangat luar biasa. Mereka memanfaatkan waktu luang dengan berselancar untuk mencari peluang bisnis pada saat ramadhan.

Bisnis dilakukan generasi milenial saat pandemi bulan ramadhan dilakukan secara online maupun non-online. Banyak kreativitas yang mereka lakukan untuk memodifikasi makanan yang biasa biasa menjadi luar biasa.

Dengan zaman yang modern saat ini generasi milineal sangat dituntut canggih untuk mempromosikannya yaitu dengan sosial media yang dimiliki dengan tampilan yang sangat menarik.

Seperti yang dilakukan generasi milinial desa lengkong, mereka memanfaatnya waktunya dengan berbisnis makanan/minuman seperti takjil, kue, es timun, es campur dan lainnya untuk orang berbuka puasa, Alasan mereka memulai bisnis di bulan Ramadhan yang pertama ialah karena bulan Ramadhan mempunyai tradisi unik beda dari bulan lainnya. Salah satunya yaitu ngabuburit. 

Dalam ngabuburit pastinya orang-orang mencari takjil atau makanan ringan untuk buka puasa sebelum memakan nasi, seperti gorengan, es segar, kue manis hingga makanan lainnya yang khas pada bulan Ramadhan. Ujar maya (17).

Maya mengatakan bahwa ia dan teman-temannya hanya melakukan bisnis ini pada saat bulan ramadhan saja, karena mereka memanfaatkan waktu kekosongannya dengan berbisnis. Bisnis yang mereka jalannya emang kecil-kecilan tetapi bisa mencukupi kebutuhan pada saat mau lebaran nanti.

Pada saat menjelang sore maya dan teman temannya sudah membuat lapak dijalan besar, dengan membawa makanan/minuman yang sudah dibuatnya dengan semangat, saya terkadang juga membelinya disitu.

Saya juga senang melihat maya dan teman-temannya berbisnis pada saat bulan ramadhan apalagi ditengan pandemi,kenapa saya bisa senang?cobalah kalian berfikir sangat langkah sekali anak umur 17 tahun berbisnis dengan percaya diri dan tidak bergengsi satu sama lain.

Mereka juga mempromosikan bisnis tersebut lewat sosial media, apalagi pada saat pandemi ini, banyak konsumen yang terkadang malas keluar untuk membeli bukaan, maka dari itu jika ada yang membelinya mereka juga mau mengantar nya dengan memakai ongkir sedikit.

Dalam bisnis tersebut mereka juga menjualkan makanan orang lain, dengan mengambil untung makanan/minuman orang tersebut sedikit. Walaupun ini termasuk bisnis kecil-kecilan, tetapi mereka mau memanfaatkan waktu yang kosong pada saat pandemi dibulan ramadhan untuk mencari uang.

Menurut Mubyarto (dalam Subanar, 2001) bisnis yang berhasil adalah mereka yang mulai dari usaha kecil-kecilan bukannya yang sekaligus menjadi besar, yang di pentingkan adalah keuletan dan keterampilan sebagai manajer dan inovator

Pesan dari saya pada generasi milenial adalah tampilkan jiwa bisnismu yang ada dalam diri pada saat bulan ramadhan ditengah pandemi seperti ini,susahnya mencari uang mengajarkan kita cara memanfaatkan waktu yang ada. Dengan pengetahuan yang cukup memadai, semoga akan menjadikan Ramadhan  multimanfaat.

Bisa memperkuat keyakinan, juga mampu memudahkan menjalani Ramadhan dengan baik dan benar. bulan puasa sebagai bulan yang penuh berkah bukanlah kata-kata semata.

Selain nikmatnya ibadah yang terus bertambah, pahala yang dihasilkan terus berlipat ganda, rezeki yang didapatkan pun bisa terus mengalir. Banyak peluang bisnis di bulan puasa yang bisa kalian lakukan.

UPDATE CORONA