Musrenbang Kelurahan Kampung Baru, Skala Prioritas Pembangunan Diupayakan Akan Terealisasi

oleh -100.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 tentang prioritas kegiatan pembangunan, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kelurahan tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kampung Baru pada Jum’at (29/01/2021), dihadiri oleh Kasi PMK Kecamatan Senapelan Syarifuddin Azis.

REALITAS TV

Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos beserta staf, Ketua LPM Kelurahan Nazarudin Romo, Ketua Forum RT/RW Kelurahan Kampung Baru Alfitri Alfa Babinsa/Babinkamtibmas, unsur Puskesmas, jajaran PKK Kelurahan, dan seluruh Ketua RT dan Ketua RW se-kelurahan Kampung Baru.

Dalam penyampaian Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, bahwasanya untuk menyampaikan penyusunan program pembangunan ditingkat RT maupun RW diperlukan kesepakatan melalui upaya mufakat bersama dengan melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan.

“Forum pertemuan (musrenbang, red) ini merupakan suatu wadah media dialog antara pemerintah dengan masyarakat dalam pemerataan pembangunan yang menjadi kebutuhan penting atau prioritas utama.

BACA JUGA :   Sambangi Pasar Besar, Satlantas Polresta Palangka Raya Ajak Disiplin Prokes

Namun, tidak kemungkinan juga pembangunan di wilayah kelurahan bisa ditangani secara swadaya dan juga konsep pembangunan lainnya, seperti program Kotaku, program PMBRW, dan aspirasi dari anggota Dewan,” ujar Lurah Yeni.

Ia pun juga mengatakan tujuan adanya Musrenbang di Kelurahan adalah untuk menyepakati tahapan penentuan prioritas usulan program kegiatan dari masing-masing RW serta pengklasifikasian usulan program masyarakat sesuai dengan kebutuhan disuatu wilayah tersebut.

“Melalui musrenbang ini, Prioritas kegiatan pembangunan kelurahan tersebut akan diusulkan melalui musrenbang kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan pembiayaannya melalui APBD Pemerintah Kota Pekanbaru,” sebut Lurah Yeni.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Nazaruddin Romo usai pelaksanaan musrenbang mengharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya para Ketua RT/RW agar dapat mendukung sepenuhnya program usulan yang akan dilaksanakan setelah ditetapkan oleh pemerintah kota melalui koordinasi yang telah disepakati oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat.

BACA JUGA :   Gubernur Kalteng Minta Bupati-Wali Kota Pastikan Masyarakat Pelosok Dapat Vaksinasi

“Untuk itu kami mengajak kepada masyarakat untuk dapat bersinergi menciptakan kekompakan dalam membangun kita ini dengan tetap mempererat tali silaturahmi antar sesama warga,” ujar Ketua LPM.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua RT/RW Alfitri Alfa bahwasanya terdapat 39 usulan rencana pembangunan dari RT/RW, Posyandu, Pemuda, dan Polmas dilingkungan Kelurahan Kampung Baru.

“Nantinya akan kita bicarakan bersama dengan membentuk tim untuk menentukan skala prioritas utama pembangunan diwilayah ini.

Kami berharap juga semua usulan dapat terealisasikan, sehingga masyarakat dapat menerima manfaat dari pembangunan oleh pemerintah kota Pekanbaru,” sebut Alfitri Alfa.

Adapun perencanaan pembangunan yang sangat utama diusulkan diantaranya yaitu :

BACA JUGA :   Gempa M 5 Guncang Melonguane Sulut

– Alih fungsi status sekolah dasar menjadi sekolah menengah pertama. Karena selama ini kebutuhan masyarakat untuk sekolah anaknya ke tingkat menengah cukup banyak, sehingga orang tua anak tersebut tidak lagi jauh-jauh menyekolahkannya.

– Pengaspalan dan perawatan badan jalan di wilayah RW. 04,05, dan 06 tepatnya di Jalan Meranti, dikarenakan akses jalan tersebut dalam kondisi rusak berat.

– Pengaspalan di Jalan Kuras RW. 01 sepanjang 300 Meter, karena kondisi jalan tersebut rusak.

– Pembuatan Sumur Bor di RW. 06 untuk penyediaan air bersih yang sebagai kebutuhan penting bagi masyarakat, karena didaerah tersebut airnya keruh dan tidak layak dikonsumsi.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama sebagai bentuk upaya dalam mensukseskan pembangunan di wilayah Kelurahan Kampung Baru. *(Mirza)

UPDATE CORONA