Mahasiswa KKN COVID 123 Unimal Berkolaborasi Dengan PMI Lhokseumawe, Gotongroyong Membuat Kolam Ikan Dan Budidaya Tanaman Herbal.

oleh -126.489 views

IDUL FITRI

Lhokseumawe I Realitas – Mahasiswa KKN-123 Unimal melakukan aksi gotong royong berkolaborasi dengan PMI Lhokseumawe membuat kolam ikan dan budidaya tanaman herbal di halaman Markas PMI Lhokseumawe di Desa Mon Geudong, kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Senin, (16/11/2020)

Ketua Kelompok KKN-123 Zikri Amarullah Surbakti menyampaikan melalui Media Sosial Instagram, Pembuatan Kolam ikan ini bertujuan untuk budidaya ikan, jenis ikan yang kami budidayakan yaitu jenis ikan nila merah sebanyak 60 ekor. Disamping itu kami juga membuat tanaman hias di sekeliling kolam agar nampak indah dan menarik.

Sebelum membuat kolam ikan, kami mengkaji dimana kolam ikan akan dibuat, pemilihan kandungan gizi jenis ikan, pengisian air hingga seperempat dari tinggi kolam, pakan yang akan diberikan, filtrasi/penyaringan terhadap kejernihan air di dalam kolam ikan serta memanfaatkan tumbuhan eceng gondok di dalam kolam ikan.

BACA JUGA :   Dandim: Vaksin Sinovac Tidak Ada Efek Negati

Bagi pemelihara ikan sebagian ada yang menggunakannya, dan Tanaman eceng gondok ini mengambang di kolam dan sebagian paling disukai oleh pembudidaya ikan untuk peneduh atau sebagai penutup permukaan air dikala terjadi panas dari sinar matahari, dan fungsinya untuk menaungi air kolam dan menyediakan tempat bagi ikan untuk kabur dari panas matahari serta memperindah hiasan di kolam ikan nila yang kami buat. (“Ujar Andre, Salah satu mahasiswa KKN kelompok 123”)

Dilanjutkan dengan budidaya tanaman didepan pekarangan markas PMI Lhokseumawe. Tanaman yang kami budidaya kan antara lain mangga, serai, melati, jahe dll.

BACA JUGA :   Polisi, Tangkap Tersangka Pengguna Sabu-sabu Lagi Tidur di Ayunan

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya misalnya: Dapat memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.

Dapat memperoleh hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi. Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan. Serta tanaman herbal baik untuk kesehatan dimasa pandemic sekarang.

Selain digunakan sebagai penguat rasa pada bumbu dapur, sereh juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat lain tanaman serai dan jahe yaitu untuk menghilangkan masuk angin, meningkatkan sistem imun, mengobati reumatik, baik terhadap sistem saraf, menghilangkan jerawat, sebagai toner, serta untuk mengobati infeksi seperti luka di kulit (“Ujar Lidya, salah satu mahasiswa KKN kelompok 123”)

BACA JUGA :   LSM LASKAR Desak Polda Aceh Tuntaskan Dugaan Minerba di Kabupaten Aceh Selatan

Pembuatan Kolam Ikan dan Budidaya tanaman tersebut dilakukan oleh mahasiswa KKN yang bernama Zikri Amarullah Surbakti, Andre Noviadi, Septian Diantoro, Lidya Permata Lestari, Nurdina Hayati, Reza Dwi Fani, dan Nilam Sari. Serta dibimbing oleh dosen DPL KKN yaitu Bapak DR. Muhammad Nur SH.,MH

Harapannya dengan adanya budidaya ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian kita untuk lebih mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar baik dilakukan sendiri maupun secara bersama sama “tutup Zikri Amarullah Surbakti selaku ketua KKN Kelompok 123 Unimal.” (*)

UPDATE CORONA