18819 KALI DIBACA

KIP Mulai Sampaikan Jawaban di MK

KIP Mulai Sampaikan Jawaban di MK
example banner

BANDA ACEH I Realitas – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mulai menyampaikan jawaban dalam sidang sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) calon anggota legislatif yang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (15/7). Sidang kedua untuk sengketa dari Aceh ini adalah mendengar jawaban dari pihak termohon untuk 12 kasus PHPU dari Aceh.

“Hari ini sidang kedua, agendanya mendengar jawaban dari termohon. Jawabannya disampaikan oleh kuasa hukum KPU RI, mereka yang sampaikan. Kami (KIP Aceh) hanya mendampingi dan melengkapi semua alat bukti yang diperlukan,” kata Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah saat dihubungi Serambi dari Banda Aceh, kemarin. Munawarsyah dan Komisioner KIP Aceh lainnya, Tarmizi berada di Jakarta untuk mengikuti sidang tersebut.

Untuk diketahui, MK mulai melakukan sidang pendahuluan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif dari Provinsi Aceh sejak Selasa (9/7). Selain Aceh, pada hari yang sama MK juga menggelar sidang perdana untuk Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Maluku Utara, dan Provinsi Papua.

Khusus dari Aceh, Mahkamah Konstitusi menerima13 laporan sengketa PHPU pada Pemilu 2019, yaitu PHPU pemilihan calon anggota DPRA di dapil 4 yang diajukan Partai Aceh, PHPU DPRK Nagan Raya dapil 1 oleh caleg Partai SIRA, PHPU DPRK Bireuen dapil 2 dan DPRK Pidie Jaya dapil 3 yang diajukan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selanjutnya, PHPU DPRA dapil 2 dan DPRK Pidie dapil 3 yang dimohon oleh Partai Aceh, dan PHPU DPRK Aceh Singkil dapil 1 yang diajukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian, PHPU DPRA dapil 6 yang diajukan Partai Nanggroe Aceh (PNA), PHPU DPR RI dapil 1 dan 2, serta DPRA dapil 3, 4, dan DPRK Bireuen dapil 2 yang diajukan Partai NasDem.

Setelah itu, PHPU di DPRK Aceh Besar dapil 5 dan DPRK Sabang dapil 1 yang diajukan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PHPU DPRK Banda Aceh dapil 3 dari Partai Golkar, PHPU DPRA yang diajukan Partai Berkarya (menunggu konfirmasi), serta PHPU DPRA dapil 6, 4, 10, DPRK Singkil dapil 3, dan DPRK Aceh Timur dapil 3, 4 yang diajukan Partai Demokrat.

Lalu, PHPU DPRA dapil 6, DPRK Aceh Timur dapil 2 yang diajukan Partai Daerah Aceh (PDA), dan terakhir PHPU DPR RI dapil 1 dan 2 yang diajukan Partai Berkarya.

Munawarsyah mengatakan, sidang sengketa ini akan terus berlanjut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tak hanya Aceh, sidang akan bergulir secara serentak untuk provinsi dan kabupaten lain di Indonesia. “Minggu yang lalu dimulai sidangnya, sidang pendahuluan. Hari ini (kemarin-red) mendengar jawaban, dan mulai hari ini sidang berlanjut terus. Hari ini mendengar jawaban dari kita untuk semua kasus dari Aceh,” demikian Munawarsyah dalam wawancara singkatnya dengan Serambi kemarin, menjelang sidang sekira pukul 14.00 WIB.(dan/Tribun/Nrl)

 

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS