20219 KALI DIBACA

BNN Sepanjang Tahun 2018 Amankan 10,61 Ton Sabu

BNN Sepanjang Tahun 2018 Amankan 10,61 Ton Sabu
example banner

Jakarta | Realitas – Sepanjang tahun 2018, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap 914 kasus narkotika dengan meringkus 1.355 tersangka.

Bila ditotal dengan hasil pengungkapan bersama Polri dan Bea Cukai, barang bukti sabu yang diamankan mencapai 10,61 ton.

Kepala BNN Komisaris Jendral (Komjen) Polisi Heru Winarko mengatakan, dari hasil pengungkapan itu merupakan kerja keras yang dilakukan seluruh petugas dari BNN, Polri dan Bea Cukai.

Hal ini sebagai upaya untuk menghadang narkoba masuk ke Indonesia.

“Semua ini kami jaga dan ini menjadi salah satu upaya pemberantasan narkoba yang kini menghancurkan generasi muda,” kata Komjen Pol Heru dalam laporan akhir tahun di kantor BNN Cawang, Kamis (20/12/2018).

Dalam penindakan itu, kata Komjen Pol Heru, pihaknya juga mengamankan 83 jaringan sindikat narkoba.

Angka itu sedikit menurun dibanding tahun lalu yang jumlahnya mencapai 99 jaringan.

“Langkah pemberantasan ini, tidak akan menghasilkan dampak yang signifikan jika tidak diimbangi dengan pengurangan permintaan narkoba melalui langkah pencegahan,” ujar Komjen Pol Heru.

Sepanjang tahun ini juga Komjen Pol Heru menjelaskan, pihaknya menangkap 20 anggota Polri yang terlibat sindikat peredaran narkoba, baik jaringan internasional, maupun lokal.

Meski begitu, pihaknya tak begitu saja melewatkan kasus yang melibatkan oknum karena menelusuri lagi jaringan-jaringan tersebut hingga ke akar-akarnya.

“Kami koordinasikan terus dengan Polri, khususnya (Profesi dan Pengamanan) Propam dan (Badan Reserse Kriminal) Bareskrim untuk mengusut keterlibatkan oknum tersebut,” terang Komjen Pol Heru.

Tidak hanya itu, lanjut Komjen Pol Heru, BNN juga mengungkap 53 kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) hasil dari penjualan narkoba.

Dari pengungkapan itu, 70 orang tersangka dengan total aset mencapai Rp229 miliar diamankan.

“Kami akan terus memiskinkan para bandar narkoba agar tidak ada lagi upaya untuk menyelundupkan narkotika ke Indonesia,” pungkas Komjen Pol Heru. (H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS