Mendagri Mencopot Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi Dari Jabatannya

oleh -36.579 views
Mendagri Mencopot Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi Dari Jabatannya
Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi(Foto Net)

Mataram | MEDIAREALITAS – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mencopot Lalu Gita Ariadi dari jabatannya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Lalu Gita diganti setelah menjabat selama 9 bulan sejak 19 September 2023.

Hal itu tertuang dalam Surat Kemendagri Nomor 100.2.1.3/2817/SJ perihal undangan pelantikan penjabat gubernur. Dalam surat yang dikeluarkan pada 21 Juni tersebut, Mendagri akan melantik sebanyak tiga Pj Gubernur untuk wilayah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan NTB.

“Dalam rangka pelantikan Penjabat Gubernur provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat,” tulis Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Komjen Tomsi Tohir sebagaimana surat yang tertulis pada Sabtu 22 Juni 2024.

Dikutip dari informasi yang didapat pelantikan Pj Gubernur NTB yang baru, menurut jadwal akan dilaksanakan pada Senin 24 Juni 2024 pukul 15.30 WIB di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7, Jakarta Pusat. Belum ada informasi siapa penjabat baru yang akan dilantik.

Informasi penggantian Pj Gubernur tersebut dibenarkan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Ibnu Salim.

“Benar (diganti). Saya juga diinformasikan protokol,” kata Ibnu pada wartawan Sabtu, 22 Juni 2024.

Senada dengan Ibnu, Wakil Ketua DPRD NTB Muzihir juga mengatakan hal yang sama.

“Benar sekali (Pj Gubernur NTB diganti),” ujarnya.

Ketika ditanya soal siapa pengganti Lalu Gita, keduanya belum memberikan jawaban apapun.

“Nanti saya infokan ya,” ujar Ibnu.(*)

Sumber: Dtb