Agus Fatoni Ditunjuk Mendagri Sebagai Pj Gubernur Sumut

oleh -60.579 views
Agus Fatoni Ditunjuk Mendagri sebagai Pj Gubernur Sumut
Foto Agus Fatoni saat menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah (Foto Net).

Medan | MEDIAREALITAS – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menunjuk Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara menggantikan Hassanudin. Agus Fatoni sebelumnya merupakan Pj Gubernur Sumatera Selatan.

Fungsional ahli madya pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Achmad Rasyid Ritonga membenarkan penunjukan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara tersebut.

“Betul, kami telah menerima surat undangan pelantikannya,” ujar Achmad Rasyid Ritonga, di Medan Sabtu, 22 Juni 2024.

Ia mengatakan prosesi pelantikan dan serah terima jabatan Penjabat Gubernur Sumatera Utara akan dilaksanakan pada Senin 24 Juni 2024 di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

“Penjabat Gubernur Sumatera Utara itu akan dilantik langsung oleh Mendagri. pelantikannya akan dilakukan Senin besok,” kata dia.

Ia mengatakan berdasarkan surat undangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bernomor 100.2.1.3/2817/SJ, pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara akan dilakukan bersama pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan dan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Bara (NTB).

“Surat undanga-nya sudah kami terima. Ketiga Pj Gubernur itu akan dilantik di Kementerian Dalam Negeri,” sujar dia.

Hassanudin resmi menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara setelah dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 5 September 2023.

Hassanudin mengemban amanah setelah Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeckshah berakhir masa jabatannya(*)

Sumber: Ant