Sebelum Menelan Korban, Pang Ucok Minta Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan Desa Buket Bata Aceh Timur

oleh -72.579 views
Sebelum Menelan Korban, Pang Ucok Minta Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan Desa Buket Bata Aceh Timur
Anggota Komisi lV DPRA M Yusuf Pang Ucok, SH. Saat kelokasi jembatan rusak di Dusun Alue Meu Ie, Desa Buket Bata, Kecamatan Pante Bidari,Aceh Timur, Rabu 24 Januari 2024. (Foto Ist)

Aceh Timur | MEDIAREALITAS – Anggota Komisi IV DPR Aceh Muhammad Yusuf atau sapaan Pang Ucok, mengunjungi jembatan nyaris runtuh di Desa Buket Bata, Pante Bidari, Aceh Timur, Rabu 24 Januari 2024.

Pang Ucok yang baru saja dilantik Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Aceh, mengaku prihatin dan terenyuh melihat ada dua jembatan yang memang sangat tidak layak di desa tersebut, salah satu sudah roboh dan mengancam keselamatan warga setiap saat.

“Jembatan ini harus menjadi program mendesak pemerintah dan harus segera diperbaiki sebelum menelan korban jiwa, insya allah akan kita perjuangkan kedepan ini,” tegasnya seraya menjelaskan kedatangannya sesuai laporan masyarakat.

Kata dia, jembatan tersebut adalah akses perekonomian masyarakat yang menjadi penghubung Kecamatan Pante Bidari ke Kecamatan Julok.

Sebelum Menelan Korban
Anggota Komisi lV DPRA M Yusuf Pang Ucok, SH. Saat kelokasi jembatan rusak di Dusun Alue Meu Ie, Desa Buket Bata, Kecamatan Pante Bidari,Aceh Timur, Rabu 24 Januari 2024. (Foto Ist)

Selain itu ucapnya, jalan tersebut menjadi salah satu jalan alternative masyarakat untuk dilewati ketika jembatan Arakundo Bermasalah.

“Jembatan tersebut tidak bisa lagi dilewati oleh kenderaan roda empat, jadi setiap yang melewati dengan kenderaan roda empat maka terpaksa harus turun melewati sungai dan ketika debit air tinggi terpaksa mobil tidak bisa melewatinya,” kata M Yusuf juga  Caleg DPRA Nomor Urut 2 Dapil 6 Aceh Timur.

Jembatan yang berada di Dusun Alue Meu Ie ini memiliki struktur penyangga dari baja. Namun, untuk perlintasan kendaraan, hanya menggunakan papan kayu. Papan kayu ini disusun diatas struktur baja jembatan, ucap Caleg DPRA itu.

Menurut dia, papan kayu di jembatan itu saat ini kondisinya lapuk dan banyak yang patah. Jarak antar papan kayu juga longgar. Akibatnya, jembatan memiliki banyak lubang. Untuk melewati jembatan, pengendara, baik roda dua ataupun roda empat harus berhati-hati, jelasnya.

Tempat sama, Ketua Tuha Puet Desa Buket Bata Teungku Edi yang didampingi mantan keuchik Buket Bata Muhammad Nur, mengatakan jembatan tersebut pertama dibangun pada tahun 1989.

Setelah itu tidak pernah lagi di perbaiki oleh pemerintah, dimana bagian rangka sisi dan alas kini banyak yang keropos dan berlubang

“Pernah sekali dilakukan rehap pada tahun 2015 saat adanya program Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) setelah itu tidak pernah ada lagi sampai saat ini, kami berharap jembatan tersebut bisa diperbaiki agar aktivitas perekenomian kami lancar” Harap Tgk Edi.

Dalam kunjungan M Yusuf Pang Ucok bersama timnya kelokasi juga turut didampingi oleh Ketua Tuha Peut Desa Buket Bata Tgk Edi dan juga beberapa masyarakat lainnya.

Editor : Rahmad

BACA JUGA :  Komisi III Bidang Hukum Dan Keamanan DPR RI M Nasir Djamil Kunjungi Bea Cukai Langsa