Prediksi Estonia vs Thailand, 17 Oktober 2023

oleh -57.579 views
oleh
Prediksi Estonia vs Thailand

MEDIAREALITAS – Prediksi Estonia vs Thailand di laga uji coba FIFA Matchday 2023 bisa saja mengarah pada kemenangan tuan rumah di Stadion A. Le Coq Arena, Tallinn, Estonia, Selasa 17 Oktober pukul 23.00 WIB. Di sisi lain, ini adalah kesempatan bagi The War Elephants yang baru saja dikalahkan Georgia dengan skor telak 8-0.

Live streaming Estonia vs Thailand dapat ditonton melalui kanal Sportstars 2 di Vision+. Sebagai salah satu kekuatan besar di Asia Tenggara, laga The War Elephants memang jadi salah satu sorotan penggemar sepak bola Indonesia. Apalagi ini menjadi lawatan terakhir Thailand ke Eropa jelang Kualifikasi Piala Dunia 2023.

Lawatan ke Georgia dan Estonia memang merupakan bagian persiapan Thailand menyambut Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimulai pada November, juga Piala Asia 2023 yang bergulir Januari 2024. Namun, The War Elephants mendapatkan pengalaman buruk di uji coba pertama lawan Georgia.

Sebaliknya, Estonia akan menggunakan laga uji coba kontra Thailand untuk menjaga kepercayaan diri jelang lanjutan Kualifikasi EURO 2024 bulan depan. Tim berjuluk The Blueshirts ini terbenam di dasar klasemen Grup F dengan hanya 1 poin (1 seri) dari 6 laga.

Kekalahan telak 8-0 lawan Georgia tidak terlepas dari sedikitnya skuad inti Timnas Thailand yang bisa dibawa pelatih Alexandré Pölking melakoni Tur Eropa.

The War Elephants memang tidak bisa membawa pemain seperti Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Supachok Sarachat, Chanathip Songkrasin, Supachai Chaided, hingga Teerasil Dangda.

Sejak awal, Mano Polking memang ingin menggunakan laga kontra Georgia dan Estonia untuk memberi kesempatan pada pemain muda, terutama yang diangkutnya dari skuad U23. Misalnya, Yotsakorn Burapha (18 tahun), Ben Davis (22 tahun), hingga Purachet Thodsanit (22 tahun) yang baru menjalani debut di level senior saat lawan Georgia.

Tanpa skuad terbaiknya, Thailand tidak bisa berbuat banyak kala meladeni Georgia. Gelontoran gol Georges Mikautadze (4 kali), Zuriko Davitashvili (2 kali), Luka Lochoshvili, dan Khvicha Kvaratskhelia membuat The War Elephants babak belur di Tbilisi.

BACA JUGA :   Prediksi Madura United vs Arema, 30 April 2024

Kini, jelang laga kedua di Tallinn, Thailand tentu bertekad bermain lebih baik lawan Estonia. Jika berpatokan pada ranking FIFA, tim asuhan Mano Polking memang diprediksi bisa meraih hasil lebih bagus di laga ini. Georgia merupakan negara ranking 79 FIFA, sedangkan Estonia hanya 115. Thailand sendiri tipis di atas Estonia, dengan posisi 112.

“Hasilnya (melawan Georgia) memang seperti ini dan kita tidak bisa menyalahkan pemain. Semua telah memberikan yang terbaik. Sekarang kami harus mempersiapkan diri untuk pertandingan pemanasan berikutnya melawan Estonia,” kata Pölking usai laga kontra Georgia.

Disinggung mengenai kesalahan timnya saat melawan Georgia, pelatih asal Brasil itu menyebut timnya memang tidak bisa menghentikan transisi cepat dari tim lawan.

Kekalahan tersebut tentu harus dijadikan pelajaran oleh kubu Thailand. Pasalnya bulan depan mereka sudah memulai perjuangannya lolos ke Piala Dunia 2026 melawan China pada 16 November. Setelah itu, The War Elephants bakal melawan salah satu dari Singapura atau Guam 5 hari kemudian.

“Tentu saja pertandingan itu menjadi pelajaran penting bagi pemain saat bertemu tim seperti Georgia. Sebelum laga kami sudah membahas transisi cepat yang biasa dimainkan Georgia. Kami melakukan banyak kesalahan di babak pertama dan harus bisa belajar banyak,” tambah Pölking.

Dari kubu lawan, Estonia sebelumnya bermain melawan Azerbaijan di laga Kualifikasi EURO 2024. Hasilnya, tim asuhan Thomas Häberli kalah 0-2 di kandang sendiri karena gol dari Toral Bayramov dan Ramil Sheydayev.

BACA JUGA :   Prediksi Pachuca vs Club America, 1 Mei 2024

Hasil itu juga membuat Estonia terpuruk sendirian di posisi juru kunci Grup F dengan 1 poin dari 6 pertandingan. Asa Estonia lolos otomatis ke Piala Eropa 2024 dari jalur kualifikasi sudah terkubur. Tapi, mereka masih dapat memperjuangkan tiket lolos dari jalur play-off UEFA Nations League.

Thailand diprediksi akan tetap mengandalkan deretan pemain berpengalaman yang ada di skuad saat ini. Mereka seperti Bordin Phala, Kritsada Kaman, dan Phitiwat Sukjitthammakul diprediksi akan menjadi andalan Pölking.

Sedangkan Estonia bisa bertumpu pada striker Henri Anier yang tentunya sudah paham sepakbola Thailand. Anier musim lalu bermain untuk Muangthong United dengan koleksi 11 gol dari 31 laga.

Anier juga bertemu dengan beberapa eks rekan setimnya di Muangthong yang saat ini ikut timnas melakoni Tur Eropa yakni Picha Autra, Purachet Thodsanit, dan Weerathep Pomphan.

Kedua negara pernah berhadapan 2 kali dan menariknya semua dimenangi Thailand. Laga pertama terjadi tahun 2000 ketika Thailand menang 2-1 di ajang King’s Cup 2000 di Bangkok. Dua gol Thailand kala itu diborong oleh Pipat Thonkanya.

Di tempat yang sama pada ajang King’s Cup 2004, Thailand kembali mengalahkan Estonia. Bedanya kali ini melalui babak adu penalti lantaran kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang laga.(*)

Prediksi Pemain Estonia vs Thailand

Estonia (5-3-2): Karl Jakob Hein; Rasmus Peetson, Maksim Paskotši, Mattias Käit, Märten Kuusk, Artur Pikk; Konstantin Vassiljev, Martin Miller, Georgi Tunjov; Sergei Zenjov, Henri Anier. Pelatih: Thomas Häberli

Thailand (4-3-3): Kampol Pathomakkakul; Tristan Do, Kritsada Kaman, Elias Dolah, Jakkapan Praisuwan; Phitiwat Sukjitthammakul, Purachet Thodsanit, Weerathep Pomphan; Bordin Phala, Teerasak Poeiphimai, Channarong Promsrikaew. Pelatih: Alexandré Pölking

Prediski Skor Estonia vs Thailand :3-1