Mahasiswa PPG Prajabatan USK Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah

oleh -431.579 views
oleh
Mahasiswa PPG Prajabatan USK Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah
Mahasiswa PPG Prajabatan USK Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah/foto ist

Banda Aceh | MEDIAREALITAS – Workshop pemanfaatan limbah organik menjadi sabun eco enzyme ini di laksanakan di Yayasan Kesejahteraan Masyarakat (Yakesma Aceh), tepatnya pada hari Jum’at, 05 Mei 2023.

Kegiatan Workshop bertujuan untuk memanfaatkan limbah organik berupa limbah buah-buahan atau sayur-sayuran di lingkungan sekitar menjadi eco enzyme yang kemudian diolah menjadi sabun ramah lingkungan.

Menurut Ibu Novia Zalmita, S. Pd., M. Pd selalu dosen pembimbing pada mata kuliah ini, “Mahasiswa dalam kelompok ini telah merancang kegiatan sejak 2-3 bulan yang lalu, Saya sangat bangga dan mengapresiasi seluruh upaya mereka. Kegiatan ini amat baik untuk lingkungan dan bermanfaat bagi kita, harapan saya semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan untuk keberlanjutan kedepannya.” ujar beliau disela kata sambutannya.

Sedangkan, ketua panitia kegiatan ini, Saudara Asykaruddin, S.Pd menuturkan, kegiatan ini menjadi tugas dalam Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan II dimana setiap mahasiswa melatih dirinya untuk menjadi pemimpin yang profesional dibidangnya, kegiatan ini telah kami rancanakan semenjak tiga bulan yang lalu, dimulai dari penyusunan rencana, pembagian tugas kelompok dan sebagainya.

Sebelumnya kami telah membuat fermentasi dari kulit jeruk hingga menjadi eco-enzym siap pakai, yang selanjutnya kami olah lagi menjadi eco-enzym soap, kami juga berterimakasih kepada pihak Yakesma yang telah mau bekerjasama dalam kesuksesan prakarsa kelompok kami. Sambutan baik dan hangat juga datang dari pihak Yakesma, Ibu Nurul Masyitah, S.Pd selaku pengurus Yakesma mengungkapkan, “Kami sangat senang atas kunjungan adik-adik mahasiswa dari PPG Prajabatan Unsyia ini, kami juga menantikan adanya kegiatan serupa di lain waktu, tentunya dengan tema-tema lain yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, ujar beliau dalam sambutannya pada Jum’at 05 Mei 2023 lalu”. (red)