H. A. Muthallib Pemateri Korupsi Dalam Perspektif Pendidikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Anti Korupsi Dihapan Kepala Sekolah

oleh -832.579 views
H. A. Muthallib Pemateri Korupsi Dalam Perspektif Pendidikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Anti Korupsi Dihapan Kepala Sekolah
Tokoh pers sekaligus ketua YARA Kota Langsa, H. A. Muthallib. Ibrahim, SE, SH, M.Si, M.Kn

Aceh Timur | Realitas – Tokoh pers sekaligus ketua YARA Kota Langsa, H. A. Muthallib. Ibrahim, SE, SH, M.Si, M.Kn menjadi salah satu Nara sumber pada Seminar Nasional pendidikan Anti korupsi untuk kalangan para kepala sekolah SD/MIN, SMP/ MTs dan MAN Sekabupaten Aceh Timur yang diselenggarakan oleh organisasi GMPK di Aula MAN Insan Cendekia Aceh Timur Selasa (23/5/2023).

Pemaparan materi yang disampaikan tokoh kharismatik ini sangat menyentuh para peserta seminar, karena dengan kondisi Aceh Timur saat ini.

Beliau memaparkan tentang bahaya laten korupsi, terutama indikasi indikasi penyalahgunaan anggaran pendidikan serta penerima dan pemberian uang untuk mengharapkan pujian dan imbalan dari seseorang.

Biaya operasional sekolah seperti dana BOS dan biaya operasional sekolah serta kiat kiat dalam mempergunakan serta penanggungjawab keuangan sekolah terutama tentang bagaimana tahapan proses penganggaran untuk biaya operasional sekolah terutama pos rehab pisik bangunan yang telah keropos di lembaga pendidikan yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan bendaharawan nya, ujarnya.

Tokoh dan juga mantan Wakil Ketua PWI Aceh dan juga mantan ketua dan anggota komisioner panwaslu periode pertama komisioner panwaslu di rekrut dari kalangan sipil di Aceh Timur Ini mendapat kesempatan untuk penyampaian materi pada seminar nasional pendidikan Anti korupsi ke 3 tahun 2023 dihadapan Para kepala sekolah dan kepala madrasah sekabupaten Aceh Timur pada sesi setelah shalat dhuhur.

BACA JUGA :  Sudah Dilaporkan Tapi Kasus Ledakan Sumur Minyak Perlak Jalan Ditempat, PPA Minta Ditreskrimsus Polda Aceh Turun Tangan

Haji Thallib yang juga Dosen FH Unsam, memberikan materi secara lugas, terarah dan terperinci tentang tata cara penggunaan dana/ anggaran pendidikan Agar tidak terjerat dengan kasus berbagai dugaan penyalahgunaan biaya operasional sekolah/ madrasah.

“Kita tidak perlu takut kepada polisi dan jaksa kalau tidak bersalah, namun kalau saudara takut pada APH, berarti Ini ada apa? Ataupun pasti ada sesuatu”. Ungkap Dosen Hukum di Unsam Langsa dengan bercanda.

Saudara tidak perlu takut pada ormas dan wartawan, karena wartawan tidak akan menuliskan sesuatu tampa konfirmasi dari objek berita, begitu Juga aktivis dari ormas tidak akan melaporkan sesuatu ke APH tampa bukti dan saksi. Makanya bapak bapak dan ibu ibu sekalian, kalau ada aktivis dan wartawan menjumpai kita menanyakan sesuatu, jawab saja secara transparan apa adanya, ujarnya.

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

Sosok H Tallib yang murah senyum dan akrab dengan berbagai kalangan masyarakat mendapatkan aplusan dari peserta seminar tersebut.

Hasil wawancara mediarealitas dengan beberapa peserta seminar mengatakan, “Pak H Tallib memang Luar biasa”. Beliau sangat relevan dan akurat dalam penyampaian materi kepada kami, menggena kesasaran yang di butuhkan kalangan kepala sekolah/ madrasah dan pantas mendapatkan apresiasi. Ya Terima kasih pak Haji atas materi yang disampaikan kepada kami, ujar salah seorang peserta seminar yang juga kepala Sekolah.

Hal senada juga diungkapkan salah satu peserta kepala sekolah di Madat, Aceh Timur, Kampung dasar H Taleb, atau Pak Haji’ Taleb memang merupakan sosok panutan yang berjiwa besar dan mendidik sekaligus Sosok Peduli sosial. Semoga BG Haji tetap semangat dan istiqamah dalam memberikan pelayanan hukum terutama memberikan bantuan hukum kepada seseorang yang membutuhkan nya. (red)