Warga Desa Tanjung Lalang Digelandang ke Kantor Polisi

oleh -74.579 views
Warga Desa Tanjung Lalang Digelandang ke Kantor Polisi

 GOOGLE NEWS

Muara Enim | Realitas – Polsek Tanjung Agung Polres Muara Enim Polda Sumsel mengungkap kasus dugaan tindak pidana penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) yang disubsidi Pemerintah.

Tempat Kejadian Perkara di Dusun I Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, hari selasa tanggal 29 Nopember 2022 sekira pukul 10.00 Wib

Kapolres Muara Enim Polda Sumsel AKBP Andi Supriadi, SIK melalui Kasi Humas Polres Muara Enim Iptu RTM Situmorang, SH membenarkan telah mengamankan kedua Pelaku bernama Dimas Pratama (23) dan Taufik (56) semuanya warga Dusun I Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim bersama dengan barang buktinya.

BACA JUGA :   Pelaku Begal Payudara di Nagan Raya Ditangkap Polisi

Menurut IPTU Rtm Situmorang SH Barang Bukti yang sudah diamankan, tiga Buah derigen ukuran 35 liter warna biru yang masing-masing berisikan minyak jenis solar subsidi dengan total lebih kurang 105 liter dan sejumlah BB yang lain.

Kata AKP Tonny Saputra, penagkapan itu berdasarkan informasi dari warga tentang adanya salah satu warga yang menyalahgunakan pengangkutan niaga bahan bakar minyak yang di subsidi Pemerintah.

Kemudian Anggota melakukan penyelidikan di SPBU Pulau Panggung dan melihat satu unit Mobil Daihatsu yang menggunakan tangki modif sedang mengisi bahan bakar minyak jenis solar, setelah pelaku selesai melakukan pengisian di SPBU pihak Kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan mengikuti mobil tersebut.

Selanjutnya, pada saat di lakukan tindakan Kepolisian didapat lah barang bukti yang ada di rumah pelaku yang mana minyak jenis solar subsidi tersebut didapat dari Mobil Taft Gt dengan cara dikuras pelaku dan di pindahkan ke dalam derigen ukuran 35 liter sebanyak 3 derigen dengan total BBM solar subsidi tersebut lebih kurang 105 Liter yang mana rencananya minyak BBM jenis solar tersebut akan dijualkan kembali kepada masyarakat dengan harga perliter Rp 8.500 sampai dengan harga Rp 9.000.

BACA JUGA :   Satu DPO Pelaku Pengeroyokan di Rumah Makan Berhasil Ditangkap Polisi

“Adapun keuntungan yang didapat oleh pelaku dari hasil menjualkan BBM minyak jenis solar Subsidi tersebut lebih kurang Rp 2.000 perliter.

Perbuatan pelaku melakukan penjualan BBM jenis solar subsidi lebih kurang 3 bulan atas kejadian tersebut pelaku dan barang bukti diamankan ke Polres Muara Enim,” tutupnya.

Tersangka dijerat pasal 55 UU RI NO. 22 TH 2001 TTg minyak dan gas bumi yang telah diubah dengan pasal 40 angka 9 UU NO 11 TH 2020 TTg Cipta Kerja. (M Umar)