Museum Rumah Adat Lingga Merupakan Sejarah Penting

oleh -28.579 views
Museum Rumah Adat Lingga Merupakan Sejarah Penting

 GOOGLE NEWS

Muara Enim | Realitas – Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki malakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat/museum Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Minggu (04/12)

Kiki demikan sapaan akrabnya, ia sangat apresiasi dan support atas dibangunnya museum/rumah adat Desa Lingga ini.

Dalam kesempatan ini Kiki mengatakan “museum atau rumah adat merupakan sejarah yang ada di suatu daerah yang harus dilestarikan,” ucapnya.

Kearifan lokal yang ada di Desa Lingga harus digali terus, karena adat budaya harus dibangkitkan, terutama sejarah dan adat istiadat di Lawang Kidul, khususnya di Desa Lingga.

“Apalagi dengan dana yang sangat minim, dapat dilakukan dengan budaya gotong royong sebagai warisan nenek moyang kita dahulu,” jelas Kiki.

Anak Di Muara Enim Tega Bunuh Ibu Kandungnya Sendiri

Saya berharap, dengan berdirinya museum/rumah adat nanti dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama, gunakan untuk berkumpul dalam mencari solusi, saran pendapat.

“Bantuan dana yang diberikan PT Bukit Asam, untuk memotivasi pengurus rumah adat, diharapkan stakeholder dapat membantu penyelesaian rumah adat Desa Lingga, agar lebih cepat dimanfaatkan,” tutupnya.

Sementara Gusti Sajid Al Akbar selaku ketua rumah adat, sekaligus Panglima Kabupaten Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (BARANUSA) mengucapkan terimakasih atas kunjungan perdana Ketua DPRD Muara Enim Bpk. Liono Basuki sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat (museum adat) Desa Lingga.

Lanjut Sajid “sangat mengagetkan kedatangan Ketua DPRD Muara Enim secara spontan, namun Alhamdulillah, kehadiran beliau akan memberikan semangat untuk melakukan pekerjaan rumah adat Desa Lingga ini agar lebih cepat penyelesaiannya,” bebernya.

Museum/rumah adat Desa Lingga merupakan harapan masyarakat berkumpul dalam bermusyawarah untuk mufakat dalam mencarikan penyelesaian secara adat.

“Semoga bantuan dari Kiki untuk museum atau rumah adat akan manjadi manfaat dan bangunan rumah adat cepat selesai dengan kerjasama dan secara bergotong royong,” demikian harap Sajid. (M Umar)