Desa Darmo kembangkan Kelompok Tani Penggemukan Sapi

oleh -104.579 views
Kelompok Tani Penggemukan Desa Darmo
Foto: Kantor Kepala Desa Darmo

Muara Enim | Realitas – Tindak lanjut dari pelatihan kelompok tani pengelola dari dinas peternakan Kabupaten Muara Enim, program ini sudah dianggarkan melalui dana desa tahun 2022, dan saat ini telah membentuk kelompok tani penggemukan sapi Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Jum’at (07/10/22).

Hal tersebut disampaikan kepala Darmo Ilwan, program penggemukan sapi memang sudah dianggarkan melalui dana desa tahun 2022 sebesar Rp 197.000.000 untuk biaya pembelian sapi dan perawatan serta pembuatan kandang sapi.

Lebih lanjut Ilwan mengatakan, “program penggemukan sapi ini merupakan pemberdayaan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat baik qurban maupun keseharian,” ucapnya.

Kemudian, untuk lokasi kandang dan penanaman rumput makanan ternak, pinjam lahan PT MME yang tidak dimanfaatkan lagi yang terletak di Simpang Karso Dusun IV Desa Darmo.

“Dalam pengembangan penggemukan sapi, kita kerja sama dengan pihak Dinas peternakan Kabupaten Muara Enim untuk memberikan pembinaan dan pengukuhan kepada kelompok,” jelasnya.

Dengan pengembangan penggemukan sapi ini, dapat meningkatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pangsa pasar, khususnya di Kecamatan Lawang Kidul. (*)