IKLAN YARA

Yonif 642/Kps Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir di Sintang

oleh -29.489 views
Yonif 642/Kps Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir di Sintang
Yonif 642/Kps Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir di Sintang
UPDATE CORONA

Sintang I Realitas – Luapan air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang mengakibatkan ribuan rumah warga di Kabupaten Sintang terendam air yang hingga saat ini belum juga surut, menjadikan keprihatinan tersendiri dan mengetuk hati banyak masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Melihat warga terdampak banjir yang cukup memprihatinkan, sebanyak 11 Personil Batalyon Infanteri 642/Kapuas yang dipimpin langsung oleh Letda Inf Ryan Hidayat bersama 5 orang Pemuda Kalbar turun langsung melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) dengan memberikan paket sembako kepada masyarakat terdampak banjir yang berada di Kelurahan Ladang, Kabupaten Sintang.

Danyonif 642/Kps Letkol Inf Alim Mustofa menyampaikan, “Dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tetap ingin bertahan di rumah masing-masing kami segera membentuk Tim gabungan bersama Pemuda Kalbar untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Sintang agar tepat sasaran.

BACA JUGA :   PNS Akan Diambil Alih Oleh Robot, DPR : Tidak Menjanjikan Lagi

” Ditambahkan oleh Danyonif, bantuan yang diberikan kepada warga merupakan paket sembako. Yakni, berupa Mie instan, Beras, Telur, serta Minyak Goreng. “Kegiatan serupa akan terus kami gelar, sebagai wujud kepedulian kita sebagai sesama manusia untuk saling toling menolong. Terutama disaat seperti sekarang ini”, tutup Danyonif.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, banjir masih terjadi di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021).

BACA JUGA :   Batalyon Inf 8 Raih Juara I Lomba Dayung Perahu Naga TNI/POLRI 2021

Saat ini, Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Basarnas, relawan, dan tim Pramuka langsung melakukan patroli dan mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Diketahui, terdapat 45 korban banjir berhasil dievakuasi.

Sejumlah kendala pun dialami petugas ketika mengevakuasi korban banjir, mulai dari cuaca yang tidak menentu, hujan, dan angin kencang.

Meski demikian, petugas tetap akan melakukan evakuasi warga yang terdampak, apalagi banjir masih terjadi setelah sempat surut sebelumnya.

Koordinator Lapangan Satgas Pramuka Peduli, Sugiarto Kurniawan, mengatakan perkembangan banjir di wilayah Sintang yang masih terjadi.

BACA JUGA :   KPK Periksa Direktur PT Extensa Winaya Fakta Terkait Korupsi e-KTP

“Kondisi banjir saat ini masih stagnan, belum ada perubahan yang berarti.”

“Sehingga, perlu banyak warga yang dievakuasi dan banyak pengungsian,” katanya, Minggu (14/11/2021).

Menurutnya, kini warga yang terdampak banjir masih memerlukan sembako hingga obat-obatan.

“Saat ini yang diperlukan di tempat pengungsian, yakni obat-obatan, sembako, kebutuhan anak dan bayi, ” jelas Sugiarto.

Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Sintang, banjir terjadi sejak tanggal 23 Oktober 2021.

Hingga saat ini, banjir belum sepenuhnya surut meski volume air di sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga berangsur surut. (*) Sumber: Yonif 642