IKLAN YARA

Pengedar Sabu di Aceh, Dijatuhi Hukuman Mati

oleh -305.489 views
Pengedar Sabu di Aceh, Dijatuhi Hukuman Mati
Ilustrasi
UPDATE CORONA

Aceh Timur I Realitas – Majelis hakim Pengadilan Negeri Idi Kabupaten Aceh Timur memvonis mati empat tersangka penyelundup dan pengedar narkoba dengan menggunakan 50 kilogram sabu sebagai barang bukti.

Putusan dibacakan majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri Idi, Aceh Timur, Rabu 6 Oktober 2021 Prosesi dengan juri dipimpin oleh Apriyati, didampingi oleh M. Zaky atau Khalid sebagai juri anggota.

Tim jaksa dari Kejaksaan Aceh Timur, Harry Arfhan, Cherry Arrida dan M. Iqbal hadir dalam persidangan. Para terdakwa menghadiri sidang virtual yang digelar Lembaga Pemasyarakatan (Laps) Kelas IIB Idi Aceh Timur.

BACA JUGA :   Gas LPG 3 Kg Mahal dan Langka, YARA Pertanyakan Kinerja Disperindagkop Subulussalam

Terdakwa yang divonis mati adalah Zakaria AB alias Jek bin Abu Bakar (50), Zakaria alias Jek Telkom bin Ibrahim (43), Marzuki alias Riki bin Hasan Ibrahim (30). Ketiganya merupakan warga Idi Rayeuk, timur. Julkifli alias Midun bin Muhammad (27), kini tinggal di Nurussalam, Aceh Timur.

BACA JUGA :   Masa Pandemic Covid 19, Brimob Galakan Jumat Berbagi

Sedangkan terdakwa lainnya, Khairul Bahri (48), warga Idi Rayeuk, Aceh Timur, meninggal pada Senin (13/9) karena sesak napas dan sakit jantung.

Putusan atau putusan majelis hakim sependapat dengan tuntutan Kementerian Negara (JPU) yang dibacakan dalam sidang sebelumnya.Kementerian Negara sebelumnya menuntut hukuman mati dari terdakwa.

Dalam putusannya, Majelis Hakim menemukan adanya bukti yang sah dan meyakinkan bahwa para terdakwa melanggar Pasal 114 (2) jo Pasal 132 (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2009 tentang Narkotika.

Para terdakwa menyatakan pendapat mereka tentang keputusan ini, seperti yang mereka lakukan dengan Kementerian Negara; ‘senat hakim memberi para pihak pemberitahuan dua minggu’.

Sebelumnya, para terdakwa ditangkap pada 23 Maret 2021 oleh aparat kepolisian Aceh Timur.

Mereka ditangkap karena menyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 50 kilogram ke perairan Aceh Timur. (*)

Sumber : ant