IKLAN YARA

Tanggap Ancaman Narkoba, BNK Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemkot Pekanbaru

oleh -19.489 views
Tanggap Ancaman Narkoba, BNK Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemkot Pekanbaru
Tanggap Ancaman Narkoba, BNK Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemkot Pekanbaru
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas  РBadan Narkotika Kota (BNK) Pekanbaru bersama dengan Pemerintah kota Pekanbaru mengelar kegiatan rapat koordinasi pengembangan dan pembinaan kota tanggap ancaman narkoba melalui fasilitasi pembinaan lembaga.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus ST MT, Kepala BNK Pekanbaru Febri Firmanto SH M. Si, beberapa pimpinan OPD yang terlibat, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam hal ini, Walikota Pekanbaru mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan menjadikan kota Pekanbaru terhindar dari penyebaran dan tanggap terhadap ancaman bahaya narkoba, dengan harapan kota Pekanbaru bersih dari narkoba.

“Maka untuk mewujudkan ini kita perlu beberapa strategi diantaranya kota Pekanbaru telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang bahaya narkoba yaitu P4GN, dengan konsep membangun kota Pekanbaru bersih dari narkoba atau bersinar,” urai Walikota.

Ia juga menjabarkan, konsep kota Pekanbaru yang bersinar tersebut bukanlah merupakan slogan semata, harus dengan perencanaan yang matang dan dilaksanakan dengan proses yang baik.

“Sehingga apa yang kita rencanakan ini mampu melindungi masyarakat kota Pekanbaru terutama generasi muda millineal,” ujar Walikota.

Pada intinya menurut Walikota, bagaimana nantinya Pemerintah kota Pekanbaru bersama BNK Pekanbaru dapat membangun kekuatan lingkungan di semua sektor, yakni lingkungan pribadi, lingkungan keluarga, dan lingkungan tingkat wilayah.

“Oleh sebab itu, semua kita dari masyarakat hingga pemerintah untuk dapat saling waspada. Agar kita bisa menjaga kekuatan lingkungan dan juga ketahanan keluarga dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Dengan pendekatan keagamaan mudah-mudahan kita mampu melindungi keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba,” imbuhnya.

Sementara itu terkait rapat koordinasi pengembangan dan pembinaan kota tanggap ancaman narkoba melalui fasilitasi pembinaan lembaga, Kepala BNK Pekanbaru Febri Firmanto SH M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan prioritas utama nasional yang melibatkan unsur pemerintah kota di seluruh wilayah Indonesia.

“Melalui kegiatan ini kita akan mengetahui dan melihat seberapa tanggap pemerintah menghadapi ancaman narkotika. Pada tahun 2019 lalu jajaran BNN melakukan survey ke kota Pekanbaru, dan tingkat ancaman narkotika di Pekanbaru berada di level tengah diantara 173 kota yang didatangi. Maka kegiatan ini merupakan upaya tindakan kita dalam menjawab permasalahan tersebut,” ujar Febri.

“Mudah-mudahan dengan adanya koordinasi ini, kondisi kota Pekanbaru kedepannya masuk dalam tahap aman terhadap ancaman narkotika. Kami mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak,” imbuhnya.

Terkait program Bersih dari Narkoba atau Bersinar, Febri menyebutkan bahwa di tahun 2022 depan BNK Pekanbaru akan menunjukkan 4 (empat) wilayah kelurahan, berdasarkan tingkat kerawanan daerah tersebut terhadap peredaran gelap narkoba.

“Untuk yang sebelumnya di tahun ini (2021, red) kita sudah menunjuk dua kelurahan yang ditetapkan sebagai kampung bersinar yakni kelurahan Sidomulyo Barat dan kelurahan Maharatu. Dan nanti akhirnya kita akan menuju kearah lima belas kelurahan di kota Pekanbaru,” tutupnya. (mirza)