IKLAN YARA

Safaruddin Minta Polisi Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa

oleh -42.489 views
Safaruddin Minta Polisi Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa
Safaruddin,S.H Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA)
UPDATE CORONA

Banda Aceh I Realitas – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH, meminta polisi usut tuntas pelaku pembakaran mobil Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh atau YARA Perwakilan Kota Langsa.

Pembakaran mobil Toyota Harrier nopol BK 88 WZ milik Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kota Langsa, A Muthallib (56) oleh dua pelaku tak dikenal ini terjadi Senin (20/9/2021) sekitar pukul 04.25 WIB. 

Persitiwa ini terjadi Senin (20/9/2021) Subuh, “kita minta kepolisian untuk mengusut tuntas dan menangkap pelakunya. Siapa pun pelakunya kita harap agar ditindak tegas,” kata Ketua YARA Safaruddin.

Apapun alasannya, teror tersebut tidak dibenarkan, baik korban A Muthallib sebagai aktivis YARA, maupun dia sebagai pers (pemimpin redaksi media).

“Karena itu, kita merasa sangat prihatin dan mengecam teror seperti ini karena teror ini, menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran baik itu kepada pers, aktivis, maupun pegiat sosial,” ungkap Safaruddin.

BACA JUGA :   Bertani, Dua Kali di Terjang Banjir Tetap Bisa di Panen

Berdasarkan rekaman CCTV, jelas Safaruddin, teror dilakukan dengan cara membakar mobil.

Dilansir dari serambi Hal ini tentu membuat orang-orang menjadi khawatir terutama kalangan para aktivis, dan pers yang kritis. 

Safaruddin, yakin Polisi dengan cepat pihak kepolisan, dapat mengungkap pelaku dibalik kasus ini, apalagi ada video rekaman CCTV, yang bisa menjadi petunjuk awal bagi pihak Kepolisian.

“Kita harap polisi dapat segera mengungkap pelakunya, dan mengungkap motif di balik kasus ini,” pinta Safaruddin.

Seperti diketahui, pasca terjadi teror yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK), Ketua YARA Langsa H.A Muthalib langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada Polres setempat.

Sebelumnya di beritakan Sebuah mobil minibus Harrier milik Pimpinan Redaksi (Pimred) Media Realitas, H. A Muthallib Ibr, SE, SH, MKn, yang berada di Jalan Syiah Kuala, Gampong Tualang Teungoh, Kec. Langsa Kota, jelang subuh sekira 04:15 dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), Senin (20/9).

BACA JUGA :   IAIN Langsa Laksanakan Wisuda 542 Jadi Sarjana

Menurut penuturan H Thalib, kepada wartawan, bahwa kejadian dibakarnya mobil pribadi yang diparkir di garasi rumah miliknya sebelum subuh.

“Saat itu saya mau sholat subuh mencium bau hangus dan setelah sholat saya bergegas keluar rumah dan mendapati api sudah membakar bagian belakang mobil,” katanya.

Lalu, seketika itu juga membangunkan seisi rumah untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar dibagian belakang mobil persis ditangki minyak.

Dengan mengambil air seadanya mobil berhasil dipadamkan dan belum sempat menghanguskan seluruh mobil maupun rumah saya karena aksi OTK tersebut keburu katahuan,” papar H Thalib yang juga Ketua YARA Kota Langsa itu.

Ditambahkan lagi, pelaku diduga dua orang dengan mengendari sepeda motor, adapun aksinya pembakaran mobil tersebut diperkirakan pelaku menggunakan kayu panjang membalut kain yang sudah dilumuri minyak bensin persis ditaruh dibawah ban mobil bagian tangki mobil Harrier tersebut lalu membakarnya.

BACA JUGA :   Kapolda Aceh Minta Jajarannya Tingkatkan Persentase Capaian Vaksin

Keburu aksinya ketahuan, sang pelaku selesai membakar mobil tersebut melarikan diri,”syukur Alhamdulillah api cepat kami padamkan dengan peralatan seadaanya, artinya Allah masih sayang sama kami dan keluarga, bayangkan kalau sempat tidak ketahuan berapa rumah yang akan dilalap sijago merah,” ungkap H Thalib yang juga pengacara itu.

Dikatakan H Thalib lagi, bahwa sejak dua hari ini rumahnya kerap disantroni dua pelaku dengan sepeda motor saat menjelang subuh hal tersebut terpantau melalui CCTV yang terpasang di halaman rumahnya.

“Memang sejak dua hari ini rumah saya disatroni dua orang yang hilir mudik didepan rumah dan gerak geriknya sangat mencurigai,” imbuhnya.

Sejauh ini belum ada komfirmasi pihak berwajib terkait aksi pembakaran mobil milik wartawan tersebut. (red)