IKLAN YARA

Validasi Digital Dokumen Kesehatan di Bandara SSK II, Penumpang Diwajibkan Menginstal Aplikasi Peduli Lindungi

oleh -70.489 views
Validasi Digital Dokumen Kesehatan di Bandara SSK II, Penumpang Diwajibkan Menginstal Aplikasi Peduli Lindungi
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II terhitung mulai Minggu 01 Agustus 2021, memberlakukan kebijakan validasi digital dokumen kesehatan dan mewajibkan calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan.

Kebijakan ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

“Ncik dan Puan yang akan berangkat melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II wajib menginstal aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh melalui PlayStore maupun iOS. PeduliLindungi memastikan proses validasi dokumen kesehatan penumpang pesawat di bandara dilakukan secara digital sehingga lebih aman, cepat, dan mudah serta diharapkan dapat mencegah praktik pemalsuan dan penipuan hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksin yang banyak terjadi.” Ujar Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim II Yogi Prastyo Suwandi.

BACA JUGA :   Abu Alex Minta Usman Abdullah, Laporkan Janda Yang Mengaku Pernah Tidur di Pendopo Ke Polisi

Selain itu, Yogi juga mengimbau agar calon penumpang pesawat melakukan tes Covid-19 di salah satu dari 742 laboratorium yang sudah terintegrasi dengan New All Record (NAR), sehingga hasil tes langsung diunggah ke PeduliLindungi.

BACA JUGA :   Polisi Bergerak Cepat Amankan Seorang Agen Chip di Aceh Timur

(Link pengecekan Fasyankes yang telah terintegrasi dengan PeduliLindungi: https://www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/).

Yogi menjelaskan, langkah pertama dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi dengan cara klik Paspor Digital, kemudian klik hasil test Covid-19, selanjutnya calon penumpang akan mendapatkan barcode.

“Ncik dan puan bisa scan di fasilitas barcode scaner yang telah disediakan di Bandara Sultan Syarif Kasim II,” jelasnya.

Jika hasil Validasi menunjukan Layak Terbang, maka calon penumpang dapat langsung ke check in counter, selanjutnya calon penumpang akan mendapatkan boarding pass dan menuju ruang tunggu.

BACA JUGA :   Bawa 48,36 Kilogram Bahan Peledak, Nelayan Ditangkap di Tengah Laut

Sementara untuk penumpang dengan hasil validasi Tidak Layak Terbang akibat belum terinputnya sertifikasi vaksin atau data hasil tes Covid-19 sesuai yang dipersyaratkan, akan dilakukan validasi manual oleh petugas KKP.

“Calon penumpang pesawat juga bisa melakukan pengecekan mandiri melalui situs http://cekmandiri.pedulindungi.id untuk melihat status atau kelengkapan dokumen kesehatan digital miliknya,” Tutup Yogi. *(mrz)