Klinik Bisnis : Berikan Pelatihan Tentang Memutar Keuangan Untuk Keuntungan

oleh -129.579 views
Klinik Bisnis : Berikan Pelatihan Tentang Memutar Keuangan Untuk Keuntungan

Palangka Raya | Realitas – Klinik Bisnis, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Kemajuan UMKM menentukan kesejahteraan ekonomi suatu bangsa, Kamis, 13 Agustus 2021.

Pada saat krisis ekonomi ditengah pandemi covid-19 saat ini, kemampuan UMKM untuk tetap bertahan adalah bukti bahwa sektor UMKM merupakan bagian dari sektor usaha yang cukup tangguh.

Walaupun pada kenyataannya selama ini masih banyak UMKM yang memiliki keterbatasan dan kendala dalam bertahan terutama untuk mengelola keuangan bisnisnya.

Tak sedikit pelaku UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, sehingga berujung pada timbulnya masalah hingga berdampak pada kerugian, karena hal inilah kenapa pelaku UMKM dituntut untuk dapat memberikan perhatian ekstra terhadap keuangan usaha yang dijalankannya.

“Dari permasalahan tersebutlah maka di Kelas Klinik Bisnis Vol 5 Semester II mengangkat pembahasan mengenai financial dengan tema “memutar keuangan untuk keuntungan”, dengan menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa, ia adalah seorang konsultan keuangan yaitu Axel Efraim,” ungkap Meliyanti Selaku Humas Klinik Bisnis.

BACA JUGA :   Indonesia-China Sepakat Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Pada kesempatan yang sama CEO Klinik Bisnis Monica Putri Rasyid menjelaskan bahwa,“Kelas Klinik Bisnis ini kami dedikasikan untuk para pemilik-pemilik usaha bahkan personality sendiri, dimana kita akan belajar mengenai finansial dan juga pengolah buku yang tepat,” ujarnya.

Monica juga mengharapkan,“Untuk semua mitra Klinik Bisnis dan peserta yang hadir dapat mengambil ilmu tentang financial bisnis, agar bisa memperbaiki lagi flow pendanaan nantinya,” paparnya.

“Ada 4 tahapan untuk orang bisa menghasilkan uang yang pertama itu adalah karyawan, kedua pekerja sendiri, ketiga bisnis owner dan yang terakhir itu investor,” Jelas Axel Efraim yang merupakan pembicara kegiatan ini

“Dalam mengatur keuangan teman-teman harus mengamankan 5 hal ini yaitu bagian pertama cash low, kredit, dana darurat. kedua manajemen resiko, ketiga investasi, keempat dana hari tua/pensiun dan kelima waris dan hibah” tegasnya kepada seluruh peserta kegiatan

“Adapun cara yang tepat untuk mengalokasikan sebagian keuntungan untuk bisnis, yang paling dasar adalah 50% kebutuhan, 30% itu untuk hal-hal yang tidak terduga dan 20% untuk jaga-jaga (penghematan),” ungkap Axel Efraim

BACA JUGA :   Dua Curanmor Asal Sumut Dibekuk Polisi Di Kota Langsa

Selain mengatur keuangan berbisnis kita juga harus bisa memilih orang yang tepat untuk menjadi partner, berikut ada 6 kriteria untuk menjadi partner yaitu passion, jujur, team work, character, complementary, commitment. jelas konsultan keuangan tersebut.

Setelah memberikan informasi terkait mengatur keuangan, cara mengalokasi keuntungan, kriteria memilih partner maka selanjutnya adalah cara memilih investasi yang tepat.

Sebenarnya investasi ditujukan untuk orang-orang yang sudah memiliki aset dan mengembangkan asetnya untuk investment kalian bisa menggunakan rumus 75/25. Tutur Axel Efraim

Dan di sesi terakhir Axel mengungkapkan “Saya percaya bahwa semua hal yang besar itu datang dari hal yang kecil.

Lebih baik kita bekembang 1% setiap harinya dari pada tidak berkembang sama sekali, dan pastinya untuk bisa berkembang kita hanya perlu 3 hal berikut ini yaitu mau konsisten, mau berproses dan mau berkomitmen. (Misnato)