IKLAN YARA

Kejari Aceh Barat Terima Pelimpahan Perkara 1,2 Ton Sabu Mabes Polri

oleh -51.489 views
Kejari Aceh Barat Terima Pelimpahan Perkara 1,2 Ton Sabu Mabes Polri
Narkoba itu tersangka dan disita 1,2 ton sabu di Kejaksaan Negeri Aceh Banda Aceh, Senin (16/8/2021). ANTARA/M Haris SA
UPDATE CORONA

Banda Aceh I Realitas – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat menerima pendelegasian masalah narkoba dan tersangka serta barang bukti 1,2 ton penyidik ​​Polres sabu.

Pelimpahan perkara dan tersangka serta barang bukti digelar di Pengadilan Tinggi Aceh di Banda Aceh, Senin. (16/8/2021).

Jaksa Penuntut Umum Aceh Muhammad Yusuf mengatakan, tersangka berjumlah 10 orang. Tujuh tersangka diserahkan langsung ke penyidik ​​Mabes Polri.

Sedangkan tiga tersangka lainnya diserahkan secara virtual karena tercatat sebagai narapidana di Lapas Nusakambangan dan Lapas Bandung, kata Muhammad Yusuf.

BACA JUGA :   Polres Simeulue Melaksanakan Vaksinasi Terapung Di Desa Pulau Terluar

Tersangka adalah Okonkwo Nonso, warga negara Nigeria, narapidana di Lapas Nusakambangan, dengan ancaman hukuman mati. Aris Wandi, narapidana di Lapas Nusakambangan, dengan hukuman mati. Alwi Abdul Majid, seorang narapidana di Lapas Bandung, hukuman seumur hidup.

Kemudian, Syafrizal warga Banda Aceh, Ubit Hendra warga Aceh Barat, Muhammad Nur warga Pidie, Bunglon, warga Pidie Jaya, Murdani warga Aceh Barat, dan Burhanuddin warga Aceh Jaya.

Muhammad Yusuf mengatakan para tersangka adalah jaringan narkoba internasional. Mereka diduga terlibat dengan jaringan Timur Tengah. Tersangka memiliki peran masing-masing.

“Tiga tersangka yang merupakan narapidana diduga sebagai pengendali. Sedangkan tujuh tersangka lainnya bertindak sebagai kurir. Mereka menerima upah, ada yang Rp500 ribu, ada yang Rp250 juta,” kata Muhammad Yusuf.

Muhammad Yusuf mengatakan para tersangka tidak ditahan untuk narapidana narapidana di Aceh Barat pada April 2021. Dari tersangka juga diamankan 1.162 paket plastik seberat total 1,2 ton sabu yang disimpan fiber box ikan

BACA JUGA :   Peringati Hari Lalulintas Ke 66, Kapolda Riau Beri Penghargaan Personel Berprestasi

selain jenis narkoba yang disita shabu-shabu di Dalam jumlah besar, petugas juga mengamankan satu unit perahu motor, satu unit minibus, peralatan penentuan posisi satelit, sejumlah telepon genggam, satu unit telepon satelit, dan lain-lain.

“Setelah pemindahan ini, jaksa penuntut umum segera menyusun dakwaan untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Meulaboh, Aceh Barat. Sedangkan tujuh tersangka yang ditahan dititipkan di Banda Aceh,” kata Muhammad Yusuf. (Firza/ant)