5.688 Warga Kabupaten Aceh Jaya Terdampak Banjir

oleh -91.579 views
5.688 Warga Kabupaten Aceh Jaya Terdampak Banjir

Aceh Jaya I Realitas – Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Jaya semakin meluas. Wilayah yang terdampak bertambah dari tiga kecamatan menjadi lima kecamatan.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) pada Rabu (11/8) kemarin daerah yang terendam di antaranya sebagian wilayah Kecamatan Jaya, Darul Hikmah dan Sampoiniet. Namun kini beberapa area di Kecamatan Indra Jaya dan Setia Bakti juga digenangi air.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas menyebut, total 5.688 jiwa terdampak dari banjir yang menimpa Aceh Jaya. Sebagian rumah warga terendam air dengan ketinggian 20-70 sentimeter.

“Akibat banjir tersebut warga harus mengungsi untuk sementara ke tempat lebih aman, baik di masjid, meunasah (musala), dan tempat-tempat umum lainnya yang berada di lokasi lebih tinggi,” kata Ilyas, Kamis (12/8).

BACA JUGA :   Dua Curanmor Asal Sumut Dibekuk Polisi Di Kota Langsa

Ilyas menyebut, pihaknya baru mengetahui dua titik pengungsian warga korban banjir Aceh Jaya. Lokasinya berada di Kecamatan Jaya dan Indra Jaya.

BPBD Aceh Jaya sudah mengerahkan tim untuk membantu evakuasi warga terjebak banjir. Petugas menyusuri desa-desa yang belum terjangkau dengan menggunakan perahu karet.

“Kemungkinan besar masih ada warga di desa-desa yang belum dievakuasi,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, hujan ringan hingga lebat masih mengguyur beberapa wilayah di Aceh sampai Jumat (13/8) besok.

BACA JUGA :   OPS Ketupat Seulawah, Ditlantas Polda Aceh: Angka Kecelakaan Turunkan

Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan, wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat di antaranya Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya, Gayo Lues, Banda Aceh, Aceh Barat, dan Aceh Barat Daya.

“Selain hujan lebat, di wilayah tersebut juga berpotensi terjadi angin kencang dengan kecepatan antara 10 sampai 40 kilometer per jam,” ungkapnya. (*)

Source