Penyelundupan 34 Boks Baby Lobster ke Singapura Berhasil Digagalkan

oleh -76.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Polisi menggagalkan penyelundupan 34 boks baby lobster via Bandara Soekarno-Hatta.

Baby lobster tersebut rencananya dikirimkan ke Singapura.

REALITAS TV

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alexander Ahmad Yurikho menjelaskan pihaknya awalnya mendapatkan informasi adanya pengiriman baby lobster di Apron 8 Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, pada 6 April 2021.

“Saat itu didapati ada sebanyak 34 boks styrofoam benih lobster dan sayuran serta sebanyak 40 dus warna cokelat berisi sayuran yang akan dikirim menggunakan pesawat dengan tujuan Jakarta-Singapura,” jelas Alex dalam keterangannya, Selasa (4/5/2021).

BACA JUGA :   Direktur PT Pupuk Iskandar Muda Audiensi Dengan Kapolda Aceh

Alex mengatakan, benih lobster itu nyaris naik ke pesawat. Namun, berkat kejelian petugas, benih lobster tersebut gagal diberangkatkan ke Singapura.

“Untuk pelakunya saat ini masih dalam penyelidikan,” ucapnya.

Selanjutnya, polisi menyita barang bukti tersebut ke instalasi karantina ikan untuk dilakukan tindakan kekarantinaan berupa penghitungan benih bening lobster, reoksigen benih lobster, dan penyisihan barang bukti.

Lebih lanjut Alex mengatakan bahwa penyelundupan baby lobster merupakan tindak pidana karantina hewan, ikan, dan tumbuhan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 88 jo Pasal 16 ayat (1) dan/atau Pasal 92 jo Pasal 26 ayat (1) UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan/atau Pasal 87 jo Pasal 34 UU RI No 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. (*)

Sumber: Dtc

UPDATE CORONA