Hadapi Bulan Suci Ramadan, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan

oleh -740.579 views
Ramadhan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus

Jakarta I Realitas – Menghadapi bulan suci Ramadhan, Polda Metro Jaya siap melaksanakan operasi keselamatan, mulai 12 April sampai dengan 25 April 2021

“Kesiapan menghadapi bulan suci Ramadan itu adalah beberapa kegiatan operasi yang dilakukan Polda Metro Jaya, selain operasi kewilayahan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, kepada Wartawan Sabtu (10/4/21).

Kombes Pol Yusri Yunus juga mengatakan bahwa “Yang pertama adalah operasi keselamatan yang kita rencanakan kegiatan dari mulai tanggal 12 sampai tanggal 25. Sekarang ini tujuannya adalah bagaimana kita melakukan operasi,” jelas Kabidhumas.

Di samping itu, pihaknya juga siap melarang masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Sahur On The Road (SOTR).

“Polda Metro Jaya juga melarang kegiatan-kegiatan Sahur On The Road ya.

Karena kita ketahui Covid-19 ini kan cukup tinggi, khususnya di Jakarta.

BACA JUGA :   Anggota Polri Tewas, Diduga Dianiaya OTK

Upaya terus memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan 5M. Salah satunya adalah mencegah kerumunan,” tegas Kabidhumas.

Kegiatan tersebut dilarang oleh pihaknya, karena untuk mencegah terjadinya kerumunan. Hal ini mengingat Indonesia khususnya DKI Jakarta, masih dalam kondisi Covid-19.

“Karena SOTR potensi untuk membuat kerumunan. Sehingga kita membuat kebijakan SOTR ditiadakan,” jelas Kabidhumas.

Kombes Pol Yusri Yunus menambahkan, cara kerja personel selama bulan suci Ramadhan termasuk untuk menghindari adanya aksi teror dengan melakukan kegiatan patroli gabungan. Yakni, mulai pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

“Bagaimana cara kerjanya di lapangan, beberapa luas kita lakukan penyekatan, sterilisasi, vilterisasi, beberapa penyekatan dilakukan dan contoh di jalan Bundaran Sudirman, Senayan sampai di Harmoni itu kita lakukan pengamanan vilterisasi mulai dari pukul 23.00 WIB sampai 05.00 WIB, terus sepanjang bulan puasa,” jelasnya.

BACA JUGA :   Dua Curanmor Asal Sumut Dibekuk Polisi Di Kota Langsa

Kabidhumas juga menjelaskan “Salah satu kegiatan cara bertindak kita di bulan suci Ramadhan, kita melakukan namanya preventif strike ya. Kita lakukan patroli gabungan bersama dengan teman-teman TNI maupun juga pemerintah daerah,” jelasnya.

Semua yang dilakukan oleh anggota, menurut Kabidhumas juga butuh dukungan dan partisipasi masyarakat dalam bertindak atau bekerja nanti di lapangan.

“Apa saja dilakukan, artinya tujuannya pertama kita menghindari terjadinya kerumunan.

Kemudian juga termasuk partroli-patroli yang tempat-tempat dianggap rawan, terjadi teroris, kita patroli bersama disitu semuanya dan yang paling utama partisipasi masyarakat yang kita butuhkan bersama-sama aparat di sini, baik Polda Metro Jaya maupun Kodam Jaya,” tandasnya. (trbt/red)