UKW Menciptakan Wartawan Berkompeten

oleh -1.191.489 views
UKW
Para penguji serta peserta UKW Angkatan 12-13 berpose usai mengikuti UKW, di Hotel Harmoni Langsa, Selasa (30/03/2021) Foto : Rapian/Mediarealitas.com

IDUL FITRI

Langsa | Realitas – Ajang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akan melahirkan seorang wartawan yang berkompeten serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas jurnalistiknya dan mampu menghempang berita hoaxs.

Penegasan tersebut diutarakan Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, saat menutup secara resmi UKW Angkatan 12-13 yang berlangsung sejak Senin – Selasa (29-30/03/2021) di Hotel Harmoni Langsa, yang diikuti wartawan seluruh Aceh.

REALITAS TV

“Kiranya usai mengikuti UKW para wartawan agar menunjukkan dedikasinya ketika meliputi di lapangan, tunjukan etika yang baik, sopan serta jalankan tugas dengan sebenar-benarnya,” ucap Tarmilin.

Lanjutnya, sekitar 42 wartawan dari berbagai flatform media yang ikut UKW ini terbagi atas tiga kelas yakni jenjang Utama, Madya serta Muda, dengan harapan UKW ini menitik beratkan pada peningkatan kompeten dan teruji.

Sementara itu, Perwakilan PWI Pusat, dr Dedi Syahputra, lebih menekankan pada bagaimana mengelola diri sendiri dengan artian pengendalian emosi serta kerakter seorang wartawan itu haruslah memiliki etika yang baik.

Hal lain, Dedi ungkapkan untuk menjadi wartawan itu mudah dan siapa saja bisa, namun memiliki sebuah kompeten itu yang sulit untuk diraih, oleh karena bagi rekan-rekan yang sudah ikut ajang UKW nanti menjadi bekal saat berada di lapangan dengan menunjukan jati diri yang baik.

Lalu, terlepas dari seorang penguji, dirinya juga menyatakan harus berbuat adil terhadap siapapun yang di uji, karena adil juga dinukilkan dalam Al-Qur’an sesuai dengan perintah Allah.

“Selamat buat kawan-kawan yang sudah berkompeten dan bila belum berkompeten masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti UKW yang sedianya selalu menjadi program PWI,” tandas Dedi.

Adapun penguji yang hadir, Ketua PWI Sumut, Hermansyah, Sekjend PWI Sumut, Edward Thahir, Ketua PWI Kepri, Ramon, serta para punggawa PWI Aceh.

Sebelumnya T Haris Fadillah selaku penguji menyatakan ada 36 peserta UKW dari jumlah keseluruhan 42 orang. Setelah diverifikasi Dewan Pers, tiga orang tidak lolos dari administrasi dan sisa 39 peserta.

Dari jumlah ini, tiga peserta dinyatakan menggugurkan diri saat UKW berlangsung, sehingga tersisa 36 peserta lagi.

Dari jumlah itu, meliputi lima orang tingkat Utama, 10 orang Madya dan 21 orang UKW Muda. Dan berdasarkan uji selama dua hari, enam orang dinyatakan tidak kompeten, sedangkan 30 orang peserta dinyatakan kompeten.

“Kita berharap bagi yang belum berkompeten kiranya dapat mengulang kembali dan kepada yang sudah berkompeten kami ucapakan selamat,” tandasnya. (Rapian).

UPDATE CORONA