Rapat Monev Vaksinasi, Kadiskes Riau Virtual Dengan Wamenkes RI

oleh -89.489 views
rapat

IDUL FITRI

Pekanbaru Mediarealitas.com – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menghadiri acara rapat rutin monev pelaksanaan vaksin Covid-19 secara virtual di Riau Command Center Gedung Menara Lancang Kuning, Senin (15/3/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Republik Indonesia (RI), Dante Saksono Harbuwono dan juga diikuti oleh kepala daerah seluruh Indonesia.

REALITAS TV

Dante mengatakan bahwa pelaksanakan vaksinasi yang telah dilaksanakan, sudah tercatat hampir 4 Juta vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Perkembangan vaksinasi nasional tahap pertama sampai 4.002.972 dan tahap vaksinasi tahap pertama tersebut telah mencapai 9,9 persen dari target sasaran yang kita capai,” ucapnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi nasional pada tahap kedua ini baru selesai dilaksanakan 3,6 persen atau sebanyak 1.457.942.

Sementara poin terpenting sasarannya, ungkapnya, lansia dan petugas publik jauh lebih besar daripada sasaran SDM kesehatan.

Dante Saksono mengatakan, kapasitas vaksinasi bisa mencapai 326.084 perhari, namun kemudian mengalami penurunan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Ini merupakan fenomena yang kami pahami, karena mungkin di beberapa daerah tempat vaksinasi baik layanan kesehatan maupun di tempat vakninasi beberapa periode di hari Sabtu dan Minggu masih tutup,” ujarnya.

Wamenkes menambahkan, dari sasaran vaksinasi sebanyak 40.349.051 pada periode kedua ini, sekarang sudah tercapai atau total yang dilayani sebanyak 4.402.059.

Ada diantaranya batal dan tunda sebesar 399.087 disebabkan adanya kontradiksi di tempat vaksinasi yang membuat susah divaksinasi.

“Semoga pelaksanakan vaksinasi tahap kedua ini dapat mencapai target yang telah ditentukan,” harapnya. *(mirza/mcr)

UPDATE CORONA