Mencari Calon Ketua DPD KNPI Provinsi Riau, Musyawarah Daerah Dilaksanakan

oleh -167.489 views
Mencari

IDUL FITRI

Pekanbaru I Media Realitas.com – Mencari Calon Ketua DPD KNPI Provinsi Riau, Musyawarah Daerah Dilaksanakan.

Selesai mengelar rapat pimpinan daerah (rapimda) hari Jum’at (05/03/21) lalu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Riau akhirnya melaksanakan musyawarah daerah (musda) yang ke XIV pada Minggu (07/03/21) siang di salah satu hotel berbintang di kabupaten Kampar.

REALITAS TV

Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP KNPI Pusat Haris Pertama SE bersama rombongan, Kapolda Riau diwakili oleh Dirbinmas Kombes Pol Kris Pramono, perwakilan Kejati Riau, anggota DPRD Provinsi Riau, Ketua DPD KNPI kabupaten/kota se Provinsi Riau, seluruh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), pengurus jajaran partai-partai politik, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam laporan ketua panitia, Nofri Andri Yulan bahwasanya pelaksanaan Rapimda dan Musda DPD KNPI Provinsi Riau digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 5 hingga 7 Maret 2021, yang telah disahkan kepesertaannya.

“Adapun sebelumnya kami atas nama kepanitian telah melakukan beberapa tahapan demi tahapan menjelang pelaksanaan musda, yaitu pendaftaran OKP yang akan ikut serta menjadi peserta pemilihan ditanggal 3 dan 4 maret lalu, tanggal 5 Rapimda, serta tanggal 6 maret kami membuka peluang pendaftaran bagi calon ketua DPD KNPI Riau, dan terakhir di tanggal 7 maret pelaksanaan musda. Namun, sampai saat ini baru saudara fuad santoso yang mendaftar secara pribadi,” ujar ketua panitia.

Ia juga menyebutkan, pada kegiatan Musda DPD KNPI yang XIV saat ini diikuti oleh 118 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, dengan terdapat 15 suara diantaranya dari DPP 1 suara, caretaker 1 suara, Majelis Pemuda Indonesia 1 suara, dan 12 suara dari DPD KNPI kabupaten/kota.

“Kami panitia akan mengupayakan dan menegaskan bahwasanya netralitas dan independen tetap kita junjung tinggi, sehingga nantinya mendapatkan kepemimpinan yang sesuai dengan harapan kita semua,” tutup Ketua Panitia.

Sementara itu, Ketua Caretaker DPD KNPI Provinsi Riau Gandung Rafial Nur huda sangat mendukung dan mengharapkan sekali pelaksanaan Musda segera digelar.

“Kita pastikan untuk Musda KNPI Riau harus dilakukan, mengingat selama ini sudah 4 tahun kekosongan pengurus. Untuk itu kami mengajak kepada seluruh OKP agar dapat mendukung pelaksanaan dengan menentukan pilihannya,” ujar Gandung Rafial.

Ketua caretaker tersebut juga menyebutkan kegiatan musda KNPI diharapkan dapat memberikan kemajuan kepada pemuda di Provinsi Riau.

“Tantangan saat ini sudah sangat berat, tentu dengan kehadiran pemuda yang kuat dan profesional di tubuh KNPI Riau ini dapat menjawab semua permasalahan melalui strategi dan ide-idenya,” tambah Gandung.

Usai membuka secara resmi Musda tersebut, Ketua Umum DPP KNPI Pusat mengatakan marwah kepemudaan di haruslah dipegang sebagai salah satu pengabdi program pembangunan di daerah.

“Ditubuh organisasi KNPI ini, terlebih dahulu dibangun mental yang kuat. Sehingga kemajuan suatu daerah merupakan peran serta dari pemuda yang profesional dan tangguh,” ujar Ketua Umum.

“Saya tegaskan, sebagai pemuda harusnya memikirkan kepentingan bersama, jangan pernah berpikir jiwa pemuda bisa dibeli oleh kaum-kaum borjuis,” tambahnya.

Ditempat terpisah, calon tunggal ketua DPD KNPI Provinsi Riau Fuad Santoso menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada dukungan yang dipercayakan oleh pengurus DPD KNPI kabupaten/kota se Riau.

“Terimakasih kepada sembilan DPD KNPI kabupaten/kota yang telah mendukung saya, diantaranya yaitu kota Pekanbaru, kota Dumai, kabupaten Inhil, kabupaten Meranti, kabupaten Bengkalis, kabupaten Rohul, kabupaten Pelalawan, dan beberapa lainnya,” ujar Fuad Santoso.

Ia juga menyebutkan untuk dukungan dari organisasi kemasyarakatan pemuda yang ikut menyukseskan musda tersebut juga menyampaikan dukungannya.

“Dari 118 OKP yang hadir saat ini, alhamdulillah terakhir terdapat 100 OKP yang mendukung saya untuk menjadi ketua DPD KNPI Riau,” tambah Fuad.

Adapun untuk program jangka panjang apabila dipercayakan sebagai ketua, ia akan menjalankan program kerja yaitu pemuda mantap.

“Pemuda mantap yakni pemuda yang mandiri, intelektual, dan progresif. Salah satunya kita akan membangun kemandirian bagi para pemuda dalam menciptakan peluang-peluang usaha,” sebut Fuad Santoso.

“Namun, untuk jangka pendek kegiatan sosial kemasyarakatan seperti program donor darah dan berbagi sembako kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan calon ketua, penyampaian ketua terpilih, dan rapat formatur. *(Mirza)

UPDATE CORONA