Pangdam XVIII/Kasuari Terima Kunjungan KPK RI dan KONI Papua Barat

oleh -168.579 views
Pangdam XVIII

Manokwari I Realitas – Pangdam XVIII/Kasuari Terima Kunjungan KPK RI dan KONI Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) yang didampingi Irdam Brigjen TNI Steve C. Parengkuan dan Asrendam Kolonel Inf Pinsensius Manik, S.I.P., Senin (22/2/2021) menerima kunjungan kerja tujuh orang personel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI), yang dipimpin Direktur Koordinasi dan Supervisi 5 KPK, Budi Waluya.

Ia mengungkapkan maksud dan tujuannya menemui Pangdam adalah bersilaturahmi sekaligus berkoordinasi tentang berbagai hal menyangkut tugas KPK di wilayah.

“Saya selaku Direktur 5 untuk wilayah timur yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. Jadi Papua Barat ini menjadi salah satu wilayah tugas kita.

Tugas koordinasi ini tentunya harus bersinergi dengan berbagai lembaga atau pihak, salah satunya adalah Kodam XVIII/Kasuari. Mengapa ke Kodam, karena Papua Barat ini merupakan wilayah bapak Pangdam XVIII/Kasuari, sehingga kita melaksanakan koordinasi dengan bapak Pangdam,” katanya.

BACA JUGA :   Penjelasan Astronom Terkait Gerhana Matahari Menjelang Lebaran

“Adapun hal-hal yang dibicarakan tadi, khususnya terkait dengan kita belanja masalah. Kita ingin tahu bagaimana situasi dari Papua Barat berikut permasalahannya seperti apa, karena bapak Pangdam mungkin yang lebih paham.

Jadi selain bersilaturahmi, kita juga berdiskusi tentang berbagai permasalahan yang ada di Papua Barat dan mungkin beliau lebih paham. Kami memang lebih fokus pada tata kelola pemerintahan daerah di sini.

Selain itu, kami juga melakukan supervisi terhadap aparat penegak hukum yang ada di sini. Jadi penanganan perkara yang dilakukan oleh aparat penegak hukum akan kami lakukan juga supervisi serta koordinasi.

Hal ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjalin sinergitas dengan berbagai lembaga, salah satunya Kodam XVIII/Kasuari,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan ungkapan terima kasih dan rasa gembiranya atas kunjungan kerja dari KPK tersebut

“Saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari sangat senang, gembira, dan berterima kasih. Pertama, karena dari KPK berkenan untuk bersilaturahmi ke Kodam guna mengenal lebih banyak hal lagi tentang masyarakat Papua Barat.

BACA JUGA :   Setelah Dilaporkan Oleh YARA Langsa: Palsukan Dokumen Nasabah, Oknum Pegawai BSI Ditangkap Polres Aceh Timur

Kedua, Kodam XVIII/Kasuari siap untuk mendukung kegiatan program KPK dalam rangka penegakan hukum di wilayah Papua Barat,” ucap Mayjen I Nyoman Cantiasa.

KONI

Usai menemui rombongan KPK, pada hari dan tempat yang sama, dengan didampingi Asops Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. dan Aspers Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Nugroho Imam Santoso, S.E., M.M. , serta Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XVIII/Kasuari Kolonel Inf Eko Paskah Harisuci N, S.E, Pangdam Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) menerima kunjungan empat orang personel dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Barat, yang dipimpin Wakil Ketua II Sugistiono.

Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan informasi terkait keterlibatan KONI Papua Barat dalam PON XX Papua yang akan digelar pada Oktober 2021 mendatang.

“Kita juga menyampaikan bahwa beliau (Pangdam) menjadi salah satu anggota Dewan Penasehat pada PON yang akan dilaksanakan di Papua ini,” ujarnya. (Pendam XVIII/Ksr)