MTQ Tingkat di Kelurahan Pulau Karomah, Bertekad Wujudkan Masyarakat Yang Qur’ani

oleh -127.489 views
MTQ

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi kota Pekanbaru pada Jum’at (26/02/21) Pagi mengelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kelurahan Tahun 2021.

Pelaksanaan MTQ dimulai dari Tanggal 26 sampai 27 Februari yang Bertempat di Masjid Mukhlisin Jalan Pepaya Ujung, yang dihadiri langsung oleh Kabag Kesra Setda kota Pekanbaru Sarbaini MH, Camat Sukajadi Dra. Rahma Ningsih M.Si, Lurah Pulau Karomah Ryan Wibowo S.STP, M.Si, babinsa, babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, para peserta, dan tamu undangan lainnya.

REALITAS TV

Adapun dalam pelaksanaan MTQ kelurahan Pulau Karomah, menurut ketua panitia Nasrul saat ini diikuti peserta dari tingkat dewasa, remaja, anak-anak.

“Untuk tahun ini jumlah peserta sebanyak 28 orang yang diambil dari tiga RW, dan akan memperlombakan beberapa cabang kategori yakni tilawah dan tahfidz 1 juz anak-anak,” ujar Nasrul seraya menambahkan untuk piala bergilir tahun lalu direbutkan oleh RW. 01

BACA JUGA :   Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin Temui Menkopolhukam Terkait Pelaksanaan Pilkada Aceh 2022

Sementara itu dalam sambutan Camat Sukajadi Dra. Rahma Ningsih M.Si mengharapkan pelaksanaan MTQ disetiap tingkat Kelurahan untuk pada masa pandemi saat ini dapat menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kami berterimakasih kepada panitia yang dalam pelaksanaan MTQ di Kelurahan Pulau Karomah sudah menetapkan protokol kesehatan, yang mana dari gerbang masuk masjid tadi telah disiapkan sarana pencuci tangan dan para tamu undangan semuanya telah disiplin memakai masker,” ujar Camat Rahma.

Camat juga menyebutkan, untuk mencapai visi misi dan harapan Walikota Pekanbaru dalam mewujudkan kota Pekanbaru menuju kota smart city madani, diperlukan upaya pembinaan akhlak bagi generasi muda menjadi generasi yang islami.

“Melalui kegiatan MTQ ini kita akan berupaya mencari bibit-bibit yang Qur’ani, sehingga nantinya akan lahir generasi-generasi cinta baca Al-Qur’an yang berbakat dan bertakwa kepada Allah SWT.

BACA JUGA :   Safari Ramadhan Bersama Bupati Batu Bara

Selain itu, kita dari pemerintah kecamatan sukajadi telah menghimbau kepada semua masjid-masjid untuk selalu menjalankan program magrib mengaji, namun dimasa pandemi saat ini kita sarankan untuk bisa dilakukan dirumah masing-masing,” tutup Camat Rahma seraya menyampaikan informasi untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2021 depan.

Sebagai tuan rumah, Lurah Pulau Karomah Ryan Wibowo S.STP, M.Si dalam sambutannya menyebutkan bahwasanya untuk kegiatan MTQ tahun ini diharapkan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya, dilihat dari segi minimnya para peserta.

“Tahun lalu peserta sekitar 21 orang dan menyebabkan kelebihan piala sebanyak 3 buah dikarenakan susahnya mencari bibit-bibit peserta. Alhamdulillah di untuk tahun ini terkumpul 28 orang peserta dari tiga RW dan kita berharap kelurahan Pulau Karomah bisa menjadi juara di tingkat kecamatan hingga kota,” sebut Lurah Ryan.

BACA JUGA :   Seorang Ibu Harus Punya Pengetahuan Makanan Gizi yang Baik Bagi Keluarga

Sementara untuk meningkatkan kualitas mutu pemahaman baca Al-Qur’an dikalangan masyarakat, Lurah Ryan menyebutkan telah melakukan beberapa upaya dalam membangun lingkungan masyarakat yang smart city madani.

“Kami dari pihak Kelurahan Pulau Karomah sudah berkoordinasi dengan pengurus LPTQ Kecamatan Sukajadi untuk bisa dilakukan pembinaan bagi semua warga meningkatkan pemahaman baca Qur’an khususnya dibidang tilawah dan tahfidz yang dipusatkan di Masjid Mukhlisin,” tutup Lurah Ryan Wibowo.

Kegiatan pembukaan MTQ Kelurahan Pulau Karomah ditandai dengan penekanan tombol oleh Camat Sukajadi Dra Rahma Ningsih M.Si dan berfoto bersama dengan seluruh Forkompimcam, panitia, dan para peserta. *(Mirza)

UPDATE CORONA