2 Anggota Polri Lolos Seleksi Deputi Penyelidikan KPK

oleh -13.201 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – KPK melakukan proses seleksi untuk pengisian 4 jabatan struktural KPK yang masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Kini, giliran kandidat Deputi Penyelidikan dan Kepala Biro Hukum menjalani tes wawancara dan penyampaian visi-misi.

“Pada Senin, 6 April 2020, KPK telah melakukan tes wawancara dan penyampaian visi misi para kandidat calon Direktur Penyelidikan KPK,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Ali mengatakan ada empat kandidat Deputi Penyelidikan. Empat kandidat itu masing-masing 2 berasal dari anggota Polri dan 2 dari internal KPK.

Keempat kandidat itu ialah Widyaiswara Muda Sespimti Polri Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo; Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Pol Endah Priantoro; Plt Penyelidikan KPK Iguh Sipurba; dan Kasatgas XIII Direktorat Penyidikan KPK Afief Yulian Miftach.

Ali mengatakan hari ini KPK juga melakuan tes wawancara dan penyampaian visi-misi kandidat Kepala Biro (Kabiro) Hukum KPK. Para kandidat yang lolos tes wawancara ialah Jaksa Fungsional pada Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung yang saat ini diperbantukan pada KPK, Ahmad Burhanudin; Fungsional Utama Birkum KPK, Indra Mantong Batti; Plt Karo Hukum/Kabag Litigasi dan Non Litigasi KPK, Efi Laela Kholis dan Irbid Jemen SDM 1 Itwil 2 Itwarsum Polri, Anwar Efendi.

“KPK mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mengawal dan memberikan masukan mengenai rekam jejak para kandidat dari 4 (empat) jabatan struktural di KPK tersebut sehingga nantinya terpilih pejabat struktural yang berintegritas dan profesional,” kata Ali.

Sebelumnya diberitakan, KPK telah melakukan tes wawancara dan penyampaian visi-misi terhadap para kandidat Deputi Penindakan dan Deputi Informasi dan Data (Inda) KPK. Untuk kandidat Deputi Penindakan KPK ada 3 anggota Polri yang lolos.

Ketiga kandidat Deputi Penindakan KPK ialah Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Brigjen Karyoto; Wakapolda Sumatera Selatan, Brigjen Pol Rudi Setiawan; dan Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Agus Nugroho.

Kemudian kandidat Deputi Informasi dan Data (Inda) juga ada tiga yang lolos. Ketiga kandidat itu yakni Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono; Spesialis Pengolahan Data dan Informasi Utama KPK, Indira Malik dan Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mochamad Hadiyana.

KPK sebelumnya memang memprioritaskan setidaknya 4 dari 6 jabatan yang masih dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) sudah terisi pejabat definitif pada April 2020. Keempat jabatan struktural itu ialah Deputi Penindakan, Deputi Informasi dan Data, Direktur Penyelidikan dan Kepala Biro Hukum.(Dtc/Red)