9219 KALI DIBACA

Jerman Vs Belanda: Hujan Gol, De Oranje Menang 4-2

Jerman Vs Belanda: Hujan Gol, De Oranje Menang 4-2
example banner

Hamburg – Enam gol tercipta saat Jerman menjamu Belanda di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Sempat tertinggal, De Oranje akhirnya menang 4-2.

Pada pertandingan Grup C yang dihelat di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (7/9/2019) dini hari WIB, Jerman unggul duluan di babak pertama lewat gol Serge Gnabry.

Masuk di babak kedua, Belanda berbalik unggul berkat gol Frenkie de Jong dan bunuh diri Jonathan Tah. Jerman menyamakan skor lagi lewat penalti Toni Kroos.

Namun, Belanda keluar sebagai pemenang lewat gol-gol Donyell Malen serta Gini Wijnaldum di 10 menit akhir laga. Tambahan tiga poin menempatkan Belanda di posisi ketiga klasemen dengan enam poin dari tiga pertandingan.

Kekalahan pertama di grup membuat Jerman gagal menggeser Irlandia Utara dari puncak klasemen. Jerman dengan sembilan poin tertinggal tiga angka dari Irlandia Utara yang punya poin sempurna di empat laga.

Belanda mengambil inisiatif serangan lebih dulu dengan menciptakan peluang pertama pada menit kedelapan. Diawali serangan Jerman yang digagalkan barisan belakang Belanda, bola dibawa Ryan Babel hingga mendekati kotak penalti.

Bola dioper ke Memphis Depay dan mengecoh dua pemain sebelum menembak bola ke gawang yang bisa ditepis Manuel Neuer.

Semenit berselang, Jerman melancarkan serangan pertamanya dan langsung bikin gol. Joshua Kimmich melepaskan bola daerah ke sisi kanan dan Lukas Klostermann sukses mendahului Quincy Promes yang sedikit tertinggal.

Klostermann masuk ke kotak penalti untuk menuntaskan dengan sepakan yang tak begitu kencang. Jasper Cillessen menepisnya tapi bola muntah dengan cepat disambar Gnabry jadi gol.

Meski unggul, Jerman justru berada di bawah tekanan Belanda yang lebih banyak menguasai bola. Virgil van Dijk di lini belakang banyak mengirim umpan-umpan panjang ke sisi sayap lapangan yang ditempati Babel dan Promes.

Memphis sebagai ujung tombak beberapa kali punya kans bikin gol tapi bola bisa disapu oleh pertahanan Jerman. Asyik menyerang, gawang Belanda nyaris kebobolan lagi di menit ke-41.

Toni Kroos memberikan umpan daerah ke sisi kanan yang diterima dengan baik oleh Marco Reus. Reus mendapat ruang tembak tapi bola bisa diadang Cillessen.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Jerman mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-52, Gnabry nyaris menerima umpan silang Nico Schulz andaikan Daley Blind tak menyapu bola.

Gini Wijnaldum punya kans bikin gol pada menit ke-56 usai melepaskan sepakan keras di depan kotak penalti, tapi Neuer bisa mengadangnya.

Belanda akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-59 setelah melakukan dua pergantian pemain, yakni memasukkan Davy Propper dan Doneyll Malen.

Dari sisi kiri, Babel melepaskan umpan silang yang diterima dengan baik oleh De Jong. Lolos dari penjagaan Schulz, De Jong dengan dingin menaklukkan Neuer lewat sepakan jarak dekat.

Belanda berbalik unggul pada menit ke-66 ketika korner Memphis menciptakan kemelut di depan gawang Jerman usai Neuer menepis tandukan Van Dijk. Bola liar diambil Memphis lagi yang melepaskan crossing dan membentur kaki Tah sebelum jadi gol.

Gol tersebut membuat Belanda makin bernafsu menyerang Jerman. Tapi, gawang mereka malah kebobolan pada menit ke-71 ketika Jerman dihadiahi penalti menyusul handball De Ligt.

Penalti itu diprotes tim tamu karena bola yang menyentuh tangan De Ligt usai melambung ke udara. Kroos dengan dingin mengecoh Cillessen yang bergerak arah kiri.

Tiga menit berselang Malen punya peluang untuk membuat Belanda unggul andaikan sepakannya tak diamankan Neuer.

Malen! Striker muda PSV Eindhoven itu membawa Belanda berbalik memimpin 3-2 pada menit ke-78. Bola direbut dari pemain Jerman di pertahanan sendiri dan Memphis melepaskan umpan terobosan ke Wijnaldum yang menusuk ke kotak penalti.

Wijnaldum lantas memberi umpan cungkil ke depan gawang yang disontek Malen untuk menjadi gol ketiga timnya.

Belanda mengunci kemenangan usai Wijnaldum mencetak gol keempat timnya pada menit ke-93. Lewat serangan balik, Belanda mampu memecah pertahanan Jerman dan Memphis mengirimkan crossing dari sisi kiri yang disambut kaki kanan Wijnaldum di depan gawang Neuer.

Belanda akhirnya menang 4-2.

Susunan pemain

Jerman: Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Niklas Sule, Jonathan Tah, Matthias Ginter (Julian Brandt 84′); Joshua Kimmich, Toni Kroos, Nico Schulz; Serge Gnabry, Timo Werner (Kai Havertz 61′), Marco Reus (Ilkay Guendogan 61′).

Belanda: Jasper Cillessen; Denzel Dumfries (Davy Propper 59′), Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon (Doneyll Malen 58′), Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong; Quincy Promes, Memphis Depay, Ryan Babel (Nathan Ake 83′).

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS