28419 KALI DIBACA

Plt Gubernur Aceh Ajak Generasi Muda Hobi Bertani

Plt Gubernur Aceh Ajak Generasi Muda Hobi Bertani
example banner

Blangpidie, Realitas -Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah mengajak seluruh generasi muda untuk meminati dan memiliki hobi bertani. Hal itu disampaikan Nova usai melaksanakan tanam padi perdana musim tanam (MT) Gadu I di areal persawahan Blang Dalam Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (14/7) pagi.

Dengan bertani, kata Nova, Aceh akan menjadi lumbung padi yang bisa menyokong ekspor padi ke negara tetangga. Program tanam serentak tersebut menurutnya, selain secara kuantitatif padi dengan berbagai varietas sudah bagus dan banyak produksinya tapi secara kualitatif kultur bertanam padi di Aceh dan Abdya khususnya harus dibangkitkan kembali.

“Kita berharap Abdya bisa menjadi lokomotif untuk mengubah kultur tersebut. Bupati Akmal memang ahli dalam bidang pertanian, konsen terhadap bertani, memiliki ilmu dibidang ini, secara akademik dia juga bekerjasama dengan perguruan tinggi. Kultur yang telah dikembangkan Akmal bisa dikembangkan di kab/kota lain dan saya berharap generasi muda kita dapat lebih konsen dengan pertanian serta hobi bertani,” ungkapnya didampingi Bupati Abdya Akmal Ibrahim.

Ia menambahkan, lokasi areal persawahan tanam perdana tersebut harus bisa menjadi primadona pertanian dengan hasil yang memuaskan dan menghasilkan varietas unggul.

Sejauh ini, Aceh telah memiliki varietas unggul yang telah dikembangkan dan tidak kalah dengan provinsi lain termasuk negara lain. Bahkan ada yang telah dikembangkan sendiri di Abdya dan telah terverifikasi oleh perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Unsyiah dan lainnya.

“Hal ini yang saya maksud Aceh bukan hanya memiliki kuantitas dengan varietas unggul, tapi secara kualitatif kita juga melakukan riset itu yang diikuti oleh petani seperti yang ada di Abdya. Saya juga yakin di kabupaten/kota tentu ada, kalaupun belum ada bisa diapdosi langsung dari Abdya,” ujarnya.

Intinya, kuantitas dan kualitas padi harus sejalan dan hal itu semua tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, namun secara bersama-sama dengan masyarakat. Untuk lebih meningkatkan produksi dibidang pertanian, Pemerintah Provinsi Aceh telah membangun kultur jaringan serta didukung dengan anggaran yang harus lebih berpihak kepada petani.

“Tahun ini ada Rp. 9,5 miliar yang digelontorkan untuk pertanian Abdya, belum lagi dari APBN. Karenanya saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pemerintah, karena hal seperti ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja sebab tulang punggungnya adalah masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim menyambut baik dukungan Gubernur Aceh terkait program tanam serentak di Abdya serta budidaya bibit unggul yang telah berjalan. Dia berharap bibit unggul di Abdya bisa menjadi cikal bakal bibit unggul nasional. Menurutnya, penelitian terkait pengembangan bibit unggul dimaksud bisa mengalahkan hasil penelitian di IPB.

“Sejauh ini sudah lima varietas unggul yang telah berhasil diteliti dan dikembangkan. Dia juga berharap pertanian di Abdya bisa lebih maju dan menghasilkan produksi gabah yang lebih berkualitas,” harapnya.

Ditambahkan, dengan semangat tanam padi perdana ini, para petani di Abdya akan meraih hasil yang lebih baik dan meningkat, disamping itu pemerintah juga sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu petani agar hasil panen ke depan semakin meningkat dari musim tanam tahun lalu.

“Kita bercita-cita agar petani lebih mandiri, terutama dalam menciptakan bibit unggul,” pungkasnya.

Amatan wartawan, kegiatan tanam padi perdana tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Muslizar MT, Direktur Pakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI Ir. Sri Widayati MMA, anggota DPRA, unsur Muspida, Sekda Abdya, para Asisten, staf ahli, kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), camat hingga para petani.

Selain melakukan tanam padi pedana, Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah didampingi istri juga menyerahkan 16 unit handtraktor bantuan APBN kepada sejumlah kelompok tani guna menunjang percepatan proses penggarapan lahan. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS