Pembuatan Rakit Penyebrangan Krueng Tuan, Pante Bidari dan Kuala Malehan Diduga Terjadi Penyimpangan

oleh -302.579 views
oleh

Aceh Timur | Realitas- Pembuatan rakit penyebrangan Krueng Tuan, Pante Bidara dan Kuala Malehan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur diduga Sarat dengan penyimpangan dan adanya bau korupsi.

Berdasarkan data nama paket lelang Pembuatan rakit penyebrangan Krueng Tuan Kecamatan Rantau Peureulak sumber Anggaran APBD tahun 2016 nilai pagu 250.000.000,dari dinas perhubungan kabupaten Aceh Timur tidak jelas dikerjakan, Rabu (28/3/2018)

Berdasarkan keterangan Warga masyarakat Krueng Tuan,yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan bahwa Pembuatan rakit penyebrangan, yang sebelumnya Akan dibangun dilorong dayah Nurul a’la Krueng Tuan ,namun Tanpa alasan yang jelas Pembuatan rakit Krueng Tuan dialih pungsikan ke Dusun lain sehingga kami sebagai masyarakat Krueng Tuan merasa sangat dirugikan.

Berdasarkan keterangan Ketua Pemuda Krueng Tuan M. Jamal 48 tahun yang ditemui oleh media ini Senin (26/3/2018) dikediaman menyebutkan bahwa,pembuatan rakit penyebrangan Krueng Tuan sebelumnya akan dibangun disini katanya,tapi saya tidak tau Persis kenapa dialihkan Kedusun yang lain demkian ujarnya.

Dari keterangan kepala Dusun lapangan Heli,Amansyah 45 tahun ditemui oleh media ini disebuah warung kopi diseukabut mengatakan bahwa Pembuatan rakit penyebrangan yang dibangun disini tidak dapat beroperasi secara maksimal oleh Warga masyarakatnya,setelah dibuat oleh dinas perhubungan tahun 2016 lalu, pasalnya Warga masyarakat waktu itu hanya dapat beroperasi empat bulan Saja setelah itu keteknya bocor yang Satu hanyut putus Dari talinya Dan yang satunya Lagi bocor,Dan belum sampai tahun 2017 sudah hancur demikian ungkapnya.

BACA JUGA :  Sudah Dilaporkan Tapi Kasus Ledakan Sumur Minyak Perlak Jalan Ditempat, PPA Minta Ditreskrimsus Polda Aceh Turun Tangan

Keuchik Desa Seumanah Jaya Jasman yang dihubungi melalui via selulernya Senin (26/3/2018) mengatakan benar adanya Pembuatan rakit penyebrangan Krueng Tuan tapi sudah dibangun di Seukabut Dusun Lapangan Heli,dia juga mengatakan soal seberapa jumlah Anggaran ia tidak tau Persis soalnya plant proyek tidak Ada katanya.
dinas perhubungan

Pembangunan Dermaga tambatan Boat kontruksi Kayu
Sumber Anggaran APBD tahun 2017 pagu Rp.529.000.000
Dikerjakan oleh:Cv.Aceh Langkat
Alamat Gp. Blang Seunibong Kota Langsa

Pembuatan Rakit penyebrangan Krueng Tuan Kecamatan rantau peurelak
sumber Anggaran APBD tahun 2016 pagu Rp.250.000.000
dikerjakan Cv. Firami Putra

BACA JUGA :  Pelindo Multi Terminal Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini: Menuju Implementasi SDGs

Pembuatan Rakit penyebrangan Kuala Malehan Kecamatan Simpang Ulim
Dana Anggaran APBD tahun 2016 nilai Rp.250.000.000
Dikerjakan oleh Cv. Sentuhan Emas
Alamat jalan Amajid Ibrahim Dan Utama Seuriget Kecamatan Langsa.

Ketiga paket pembuatan rakit penyeberangan menelan dana mencapai Rp 1 Milyar lebih namun proyek ini disebut sebut proyek suluman yang tdk bisa digunakan oleh masyarakat daerah itu sebut sejumlah warga masyarakat di Pande Bidari, dan masyarakat Kuala malahan Simpang Ulim Aceh Timur.

Zulkifli Kabid Sarana dan Prasana Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Aceh Timur.

Kabid Perhubungan sarana dan Prasaran dinas perhubungan darat Aceh Timur Zulkifli melalui via selulernya Rabu (28/3/2018) mengatakan bahwa ketiga proyek yang sudah dibangun ditiga tempat yang berbeda, sudah sesuai dengan Anggaran katanya, namun semua proyek menggunakan system dan ditender Dan diawasi oleh konsultan Dan diawasi juga oleh P2k proponsi Provinsi Aceh. Jadi apabika Ada kurang akan Kita tindak lanjuti kembali demikian ungkap Zulkifli. (Hasbi Abubakar)