96019 KALI DIBACA

Untuk Persiapan PKA ke- 7 , Disbudparpora Seleksi Grup Kesenian

Untuk Persiapan PKA ke- 7 , Disbudparpora Seleksi Grup Kesenian
PARA Peserta Grub Seni usai dilakukan selesksi oleh Disbudparpora di gedung seminar alun- alun Suka Makmue, Selasa (27/3).(Mj )
example banner

Nagan Raya | Realitas – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Nagan Raya melakukan selesksi Grub kesenian yang akan mewakili kab. Nagan Raya pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 7. Acara yang berlangsung sejak tanggal 26-28 Maret dipusatkan di Gedung Serba Guna Kompleks Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Selasa (27/3).

Plt. Kadisbudparpora Nagan Raya TR. Pahlawan menjelaskan jika pelaksanaan ini dilakukan untuk mendapatkan pengiat seni yang memang layak mewakil Nagan Raya dalam ajang 5 tahunan tersebut.

“untuk tahapannya pertama kita menyurati setiap kecamatan untuk mengirimkan grub-grub kesenian terbaik kecamatan tersebut yang kemudian akan di seleksi aecara terbuka seperti ini” Terangnya.

Pahlawan menambahkan, jika ada sekitar 582 peserta yang terbagi dalam beberapa grub seni diantaranya 6 grub Rapai Saman, 6 grub Ratep Meusekat, 6 grub Dalailul Khairat, 4 grub Zikir Maulid, 4 grub Tari Kreasi.

“bukan itu saja ada juga Rapai Tuha sebanyak 6 grub, 6 grub Rabana/Marhaban, 2 Grub Rapai Tunang, Cato Aceh 6 grub, 18 grub Egrang, dan terakhir 18 grub Gelayang Tunang” Ungkapnya.

Dalam pelaksanaan ini sendiri, ia berharap jika seluruh peserta dapat menampilkan penampilan terbaik sehingga Nagan Raya dapat masuk 3 besar pada Pelaksanaan PKA ke 7 tahun 2018.Seleksi group Seni dan Kebudayaan Aceh Se- Kab.Nagan Raya di laksanakan selama 3 hari sejak tgl 26 – 28 Maret 2018 bertujuan untuk Menseleksi Group seni dan Kebudayaan Aceh yang ada di Kab.Nagan Raya dan akan di utus sebagai Perwakilan Kab.Nagan Raya ke Pekan Kebudayaan Aceh ke VII pada Bulan Agustus 2018 di Taman Safiatuddin Banda Aceh dengan Harapan Kab.Nagan Raya mendapatkan Predikat Terbaik di PKA VII nantinya.

Seleksi yang dialksanakan antanya, Rapai Saman, Ratep Meusekat, Rapai Tuha / Debus, Rebana / Marhaban, Seudati Tunangan, Dalail Khairat, Zikir Maulid, tari Kreasi, tari Aceh, Enggrang / Geuntet,dan Geulayang Tunangan dengan jumlah semua 582 orang.(MJ)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS