Jaksa Agung Terbitkan SK Terkait Jabatan Struktural PNS

oleh -72.579 views
Jaksa Agung Terbitkan SK Terkait Jabatan Struktural PNS

Jakarta | MEDIAREALITAS – Jaksa Agung ST Burhanuddin kembali menerbitkan Surat Keputusan Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan diri dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI, pejabat struktural Eselon II dan Eselon III di lingkungan Kejaksaan RI dan satuan kerja di Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, Selasa 21 Mei 2024.

Ada 2 Surat Keputusan Jaksa Agung RI yang diterbitkan, salah satunya menerangkan tentang mutasi dan rotasi untuk jabatan pejabat eselon II (dua), yakni Kepala Kejaksaan Tinggi, Direktur, Inspektur, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi dan jabatan eselon II lainnya.

Sedangkan SK lainnya menerangkan tentang mutasi dan rotasi untuk jabatan pejabat eselon III (tiga), yakni Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Sub Direktorat, Kepala Bagian Tata Usaha di Kejati hingga Koordinator pada Kejati.

Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia NOMOR 121 TAHUN 2024, tertanggal 21 Mei 2024 yang ditandatangi Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menerangkan rotasi dan mutasi pejabat eselon II.

Sedangkan Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia NOMOR : KEP-IV-523/C/05/2024, tertanggal 21 Mei 2024, yang ditandatangani Jaksa Agung Muda Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono menerangkan rotasi dan mutasi pejabat eselon III.

Dalam SK Nomor 121 Tahun 2024 tentang rotasi dan mutasi pejabat struktural eselon II ini, ada sebanyak 78 jabatan pejabat eselon II yang di rotasi dan musasi, yakni pergantian posisi Sekretaris Jaksa Agung Muda, Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, Direktur, Koordinator Kejagung dan Kepala Pusat Satker Kejagung.

BACA JUGA :  Golden Visa Resmi Diluncurkan, Presiden RI: Privilese Emas Bagi Warga Dunia Berkualitas

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung kini diamanahkan kepada Dr. Harli Siregar, SH., M.Hum, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat di Manokwari.

Posisi yang ditinggalkan Harli Siregar dijabat oleh Muhammad Syarifuddin, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Medan.

Selanjutnya, Katarina Endang Sarwestri diberi amanah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat di Bandung, dia menggantikan Ade Tajudin Sutiawarman.

Ade Tajudin Sutiawarman dimutasi menjadi Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia di Jakarta.

Jabatan Patris Yusrian Jaya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara di Kendari digeser menduduki jabatan sebagai Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung di Jakarta.

Jabatan Kajati Sultra ini diamanahkan kepada Hendro Dewanto, S.H., M.Hum.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan di Banjarmasin yang selama ini dijabat oleh Mukri diganti oleh Rina Virawati.

Mukri dipercayakan menjabat sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung di Jakarta.

Sementara Kajati Bengkulu yang ditinggalkan Rina Virawati diamanahkan kepada Syaifudin Tagamal.

Kemudian, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten yang selama ini dijabat Didik Farkhan Alisyahdi dimutasi menjabat sebagai Inspektur V pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung di Jakarta.

BACA JUGA :  Golden Visa Resmi Diluncurkan, Presiden RI: Privilese Emas Bagi Warga Dunia Berkualitas

Kajati Banten diamanahkan kepada Siswanto, yang sebelumnya Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung di Jakarta.

Sementara itu, Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia NOMOR : KEP-IV-523/C/05/2024 menerangkan rotasi dan mutasi sejumlah jabatan untuk pejabat eselon III.

Ada sebanyak 328 (tiga ratus dua puluh delapan) jabatan eselon III yang terkena rotasi dan jabatan.

Roy Riady diamanahkan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin di Sekayu, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih.

Martha Parulina Berliana, S.H., M.H, sebelumnya Kepala Bidang Penerangan dan Penyuluhan Hukum pada Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung di Jakarta diberi amanah sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Purwakarta di Purwakarta.

Heru Widjatmiko, S.H., M.H, sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya di Blangpidie diberi amanah jabatan baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya di Singaparna,

Hadi Sukma Siregar, S.H., C.N, sebelumnya Kepala Seksi Wilayah I pada Subdirektorat Penuntutan Perkara Koneksitas Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung di Jakarta menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah di Palangkaraya.(*)

Sumber: PA