Public Trust Meningkat, Kapolda Apresiasi Polresta Banda Aceh

oleh -26.579 views
Public Trust Meningkat, Kapolda Apresiasi Polresta Banda Aceh
Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko dalam kunjungan kerja ke Polresta Banda Aceh, Selasa 21 Mei 2024 (Foto Ist)

BANDA ACEH | MEDIAREALITAS – Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko dalam kunjungan kerja ke Polresta Banda Aceh, Selasa 21 Mei 2024 mengapresiasi Polresta Banda Aceh atas meningkatnya Kepercayaan Masyarakat atau Public Trust terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Kapolresta bersama jajarannya.

Hal ini dikatakan olehnya dihadapan Personel Polresta Banda Aceh di Aula Indoor. Kegiatan kunjungan kerja ini merupakan salah satu agenda kerja Kapolda Aceh dan sebelumnya juga telah dilaksanakannya ke Polres lainnya dalam jajaran Polda Aceh.

Prosesi penyambutan kedatangan orang nomor satu di jajaran kepolisian di Provinsi Aceh ini, disambut oleh Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, dilanjutkan dengan pengalungan bunga dan diiringi dengan tarian ranup lampuan yang berarti “Pemulia Jamee”.

Lalu, diikuti dengan hormat jajar dan prosesi peusijuek. Kedatangan Kapolda Aceh ke Polresta turut disambut oleh Unsur Forkopimda Kota Banda Aceh.

BACA JUGA :   Wow!!! Dugaan Korupsi Di Aceh Kejagung Diminta Turun Tangan Untuk Periksa Irwan Djohan Pengadaan Kapal Hebat

Kehadiran Kapolda Aceh didampingi oleh Ketua Bhayangkari Daerah Aceh, Wakapolda Aceh serta Pejabat Utama Polda Aceh.

Dalam laporan kesatuan yang dipaparkan oleh Kapolresta Banda Aceh, salah satunya hasil Survei Indeks Performa Kepolisian (SIPP) tahun 2024 yang dilakukan oleh Pusat Riset Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Universitas Syiah Kuala (Kita Kreatif USK) dengan pendekatan ilmiah bahwa kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

“Hasil analisis memperlihatkan bahwa nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) untuk survei tahap pertama periode Januari sampai dengan Maret 2023 dengan angka 5,53 (kategori sedang), kemudian tahap kedua periode April sampai dengan Juli 2023 naik menjadi angka 6,16 (kategori cenderung baik), serta pada tahap ketiga periode Agustus sampai dengan Oktober 2023 memperoleh angka 7,72 (kategori baik),” ucap KBP Fahmi.

Sementara itu, pada periode Januari sampai dengan Maret 2024, angka Indeks Pelayanan Publik meningkat menjadi 8,02 (kategori baik) dalam rentang skala 1 sampai dengan 10, dimana Performa pelayanan kepolisian dengan demikian dinilai mengalami perubahan kearah yang lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA :   Kapolres Langsa Pimpin Sertijab Kabag Log, Kasat Intelkam, Dan Kapolsek Langsa Timur

Ini merupakan Analisis jalur dengan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) memperlihatkan bahwa seluruh variabel memiliki jalur yang positif dan signifikan (P≤0,01), sambung mantan Kabid Propam Polda Aceh ini.

KBP Fahmi melanjutkan bahwa aspek yang dianggap penting dan menentukan bagi pencapaian Performa Polresta Banda Aceh adalah penggunaan peralatan dan perlengkapan yang memadai dalam patroli rutin maupun kegiatan pengamanan pemilu 2024 pada dimensi bukti fisik.

“Empati terhadap hak masyarakat dalam memperoleh jaminan keamanan dan ketertiban dalam pemilu 2024, dan pendekatan humanis oleh Polresta Banda Aceh juga menjadi dua aspek yang dominan dalam dimensi empati,” jelasnya.(*)

Sumber: GM