Andhi Pramono Divonis 10 Tahun Bui Terkait Kasus Gratifikasi

oleh -49.579 views
Andhi Pramono Divonis 10 Tahun Bui Terkait Kasus Gratifikasi
Andhi Pramono jelang pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor pada PN Jakpus(Foto Tribun)

Jakarta | MEDIAREALITAS – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat telah menjatuhi hukuman kepada mantan Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono 10 tahun penjara, terkait dengan kasus gratifikasi buntut dari pamer harta kekayaan atau flexing.

Hal tersebut diketahui lewat sidang pembacaan putusan atau vonis yang telah dibacakan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Senin 1 April 2024. “Menyatakan terdakwa Andhi telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan penuntut umum,” ujar hakim ketua Djuyamto di ruang sidang.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Andhi Pramono dengan pidana penjara selama 10 tahun,” lanjutnya.

BACA JUGA :   Penyidik Kejaksaan Agung Geledah Rumah Hervey Moeis

Andhi juga diminta hakim untuk membayarkan denda sebanyak Rp1 Miliar dalam kasus gratifikasi tersebut. Jika tak bisa membayarnya, maka hakim minta untuk Andhi mengganti dengan kurungan selama enam bulan lamanya.

“Pidana denda sebesar Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” kata hakim.

BACA JUGA :   Penyidik Kejaksaan Agung Geledah Rumah Hervey Moeis

Andhi Pramono dinyatakan bersalah melanggar Pasal 12B UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.
Artinya, Andhi mendapatkan putusan lebih ringan dibanding tuntutan dari JPU KPK.(*)

Sumber: VIVA