Prediksi PSV vs Dortmund, 21 Februari 2024

oleh -17.579 views
oleh
Prediksi PSV vs Dortmund

MEDIAREALITAS – Prediksi PSV vs Dortmund, Pemimpin Eredivisie PSV Eindhoven menguji diri mereka pada hari Selasa, saat Borussia Dortmund tiba di Philips Stadion untuk pertandingan leg pertama babak 16 besar mereka di kompetisi klub top UEFA.

Pertandingan sistem gugur Liga Champions pertama PSV selama delapan tahun akan menyaksikan tim asal Belanda itu bertemu lawan yang muncul tanpa cedera dari ‘Grup Maut’ musim ini.

Sempat sebelumnya kalah tiga kali berturut-turut di babak kualifikasi, PSV akhirnya kembali tampil besar di awal musim ini dan menempati posisi kedua di bawah Arsenal di kompetisi Grup B.

Kemenangan melawan Lens mengakhiri 15 pertandingan tanpa kemenangan klub di babak penyisihan grup Liga Champions, sementara menahan imbang Sevilla dan Arsenal di kandang melanjutkan rekor tak terkalahkan yang mengesankan di Philips Stadion – mereka telah memenangkan enam lainnya dari delapan pertandingan Eropa terakhir mereka di Eindhoven.

Kini tampil kelima di fase gugur – dan yang kedua dalam 17 musim – PSV berusaha mencapai perempat final untuk pertama kalinya sejak 2007.

Dipecat oleh kapten Luuk de Jong, yang telah mencetak 27 gol dalam 34 penampilan, Peter Bosz memimpin tim yang belum pernah kalah dalam 22 pertandingan liga musim ini, dan menang tidak kurang dari 20 kali.

Setelah finis kedua di Eredivisie selama tiga tahun berturut-turut, rekor 17 kemenangan beruntun PSV di awal musim ini hanya berakhir dengan hasil imbang 1-1 di bulan Januari di Utrecht, sesaat sebelum mereka kalah 1-0 dari Feyenoord di Piala KNVB. Setelah kekalahan 2-0 dari Heracles pada hari Jumat, mereka unggul 13 poin di puncak klasemen.

Jelas merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan di bawah asuhan mantan pelatih Dortmund Bosz, raksasa Belanda ini kini bertemu BVB untuk pertama kalinya sejak babak penyisihan grup Liga Champions 2002-03, dan meraih keunggulan menjelang leg kedua bulan depan akan menjadi tujuan utama mereka.

Meskipun musim domestik mereka tidak berjalan sebaik PSV, Borussia Dortmund berhasil finis di puncak Grup F yang diperebutkan dengan ketat sebelum Natal, di depan Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Newcastle United.

Die Schwarzgelben memulai dengan kekalahan 2-0 di Paris sebelum ditahan di kandang sendiri oleh Milan, namun menghidupkan kembali kampanye mereka dengan mencetak dua gol atas Newcastle dan kemudian memastikan kemajuan dengan kemenangan 3-1 di San Siro.

Berbeda dengan tuan rumah pada hari Selasa, Dortmund selalu menjadi pemain reguler di babak 16 besar selama satu dekade terakhir, tampil di tahap Liga Champions ini dalam lima dari enam musim terakhir – meskipun tiga dari empat musim terakhir berakhir dengan eliminasi.

Pelatih Edin Terzic saat ini mengawasi tim yang mungkin tersingkir dari perburuan gelar Bundesliga, hampir mengakhiri pemerintahan panjang Bayern Munich tahun lalu, tetapi tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Gol keenam Niclas Fullkrug dalam lima pertandingan membantu Dortmund bermain imbang 1-1 dengan Wolfsburg pada akhir pekan, yang membuat mereka tetap berada di empat besar Jerman.

Kini, juara Eropa tahun 1997 bertandang ke Belanda setelah kalah delapan kali dari sembilan laga tandang terakhir mereka di babak sistem gugur Liga Champions – namun BVB berhasil mengalahkan Newcastle dan Milan di fase grup untuk meningkatkan rekor tandang terbaru mereka.

Peter Bosz – yang telah menambahkan Richard Ledezma, Jaden De Guzman dan CJ Egan-Riley ke skuad Liga Champions sejak babak penyisihan grup – akan membentuk PSV dalam formasi hybrid 4-3-3 pada Selasa malam, dengan kapten yang bebas mencetak gol. Luuk de Jong memimpin barisan.

Pemain sayap Belgia Johan Bakayoko tampil di sayap kanan tuan rumah, keduanya menciptakan peluang terbanyak dan menyelesaikan dribel terbanyak dibandingkan pemain PSV mana pun di Liga Champions musim ini (masing-masing 15).

Meskipun Armel Bella-Kotchap baru-baru ini kembali dari cedera bahu, pemain pinjaman dari Southampton itu belum fit untuk pertama kalinya sejak Oktober. Guus Til juga keluar dari persaingan, jadi Jerdy Schouten harus terus mendampingi Joey Veerman di lini tengah.

Sementara itu, Dortmund memperkuat skuadnya dengan mendaftarkan duo Inggris Jadon Sancho dan Jamie Bynoe-Gittens, ditambah Ian Maatsen – yang terakhir berasal dari sistem pemuda PSV sebelum bergabung dengan Chelsea.

Ketiganya harus tampil pada tahap tertentu di Eindhoven, tetapi Ramy Bensebaini (sakit), Karim Adeyemi (berotot) dan Felix Nmecha (pinggul) tidak bisa diturunkan.

Striker Pantai Gading Sebastien Haller mengalami cedera pergelangan kaki saat memenangi final Piala Afrika baru-baru ini, sehingga Niclas Fullkrug dipastikan tampil di lini depan. Meskipun Sancho, Julian Brandt dan Marco Reus akan menjadi starter, Donyell Malen (yang mencetak 55 gol dalam 116 penampilan untuk PSV) juga bersaing untuk dipilih.(*)

Prediksi Pemain  PSV vs Dortmund

PSV Eindhoven : Benitez; Teze, Boscagli, Ramalho, Dest; Saibari, Schouten, Veerman; Bakayoko, De Jong, Lozano

Borussia : Kobel; Ryerson, Sule, Schlotterbeck, Maatsen; Can, Sabitzer; Brandt, Reus, Sancho; Fullkrug

Prediksi Skor  PSV vs Dortmund: 2-1