Waspada Penipuan Lowongan Kerja Melalui Pesan WhatsApp

oleh -457.579 views
Penipuan Lowongan Kerja
Tangkapan layar WhatsApp penipuan lowongan kerja paruh waktu mengatasnamakan Milestone, (foto: Antara).

Jakarta | MEDIAREALITAS – Dalam beberapa bulan terakhir marak penipuan lowongan kerja paruh waktu melalui pelantar media sosial WhatsApp yang mengatasnamakan Milestone.

Dalam pesan yang diterima, penipu melancarkan aksinya dengan mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan periklanan yang membutuhkan tenaga pemasar media sosial yang bernama Milestone.

Tugas yang diberikan pun sederhana, cukup dengan like atau menyukai video yang dikirimkan tautannya dan kemudian melaporkannya ke admin yang ada di pelantar Telegram jika tugas sudah diselesaikan.

Admin Telegram tersebut meminta sejumlah data pribadi mulai dari nama, alamat, nomor telepon, pekerjaan, hingga nomor rekening.

BACA JUGA :   Pelindo Multi Terminal Raih Penghargaan Sosial Media Terbaik di SPS Awards 2024

Pihak Milestone Branding Solutions dalam lamannya, menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menawarkan pekerjaan paruh waktu apalagi meminta bayaran.

Pihak Milestone Branding Solutions mengaku tidak pernah meminta data dan/atau bayaran dalam bentuk apapun untuk tujuan perekrutan maupun tujuan lainnya.

Informasi seputar kesempatan berkarir di Milestone Branding Solutions dapat diakses melalui website resmi https://www.milestone.co.id/careers.html dan tim rekrutmen hanya menggunakan email resmi: hrd@milestone.co.id serta nomor WhatsApp yang tertera di website.

Pihak Milestone mengingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati dalam menerima informasi mengenai lowongan pekerjaan yang meminta biaya.

BACA JUGA :   Pelindo Multi Terminal Raih Penghargaan Sosial Media Terbaik di SPS Awards 2024

Sejumlah warganet yang pernah menjadi korban mengatakan awalnya penipu mentransfer sejumlah uang setelah yang bersangkutan menyelesaikan misi. Tujuannya untuk meyakinkan korban.

Namun pada tahapan berikutnya, penipu meminta korban untuk menyetorkan uang dengan berbagai nominal agar mendapatkan komisi.

Kepala Unit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio, meminta masyarakat berhati-hati jika mendapatkan tawaran kerja paruh waktu melalui WhasApp.

Pelaku melakukan aksi tipu-tipu seakan berasal dari perusahaan resmi padahal tidak. Penipuan tersebut menyasar korban yang tergiur dengan komisi yang dijanjikan. (*)

sumber: antara