Uya Kuya: Dari Hiburan ke Politik dengan Gaya Tetap Berwarna

oleh -318.579 views
Uya Kuya: Dari Hiburan ke Politik dengan Gaya Tetap Berwarna
foto : Profil Uya Kuya

MEDIAREALITAS – Uya Kuya memutuskan terjun ke dunia politik sebagai calon legislatif (caleg) DPR-RI 2024 mewakili Partai Amanat Nasional (PAN) , dengan Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II.

Berbicara soal keputusan terjun ke politik, Uya Kuya mengaku punya keresahan terkait keseteraan hukum di Indonesia. Ia mengetahui hal itu setelah beberapa kali memberikan bantuan hukum pada orang-orang kecil yang tersandung masalah.

“Gue dulu tertantang buat ngawal mereka. Lapor polisi gue temenin, advokasi pengacara, TKW gue ke sana, bener-bener dateng. Dari situ gue banyak nemuin terjadi di sistem negara ini, ternyata mendapatkan persamaan hukum itu implementasinya nggak,” ungkap Uya Kuya di program FYP Trans 7, Kamis (17/8/2023).

Berdalih ingin benar-benar memperjuangkan hak rakyat, Uya Kuya memastikan tidak akan jadi pribadi yang gila hormat andai kelak memenangkan satu kursi pada pemilihan caleg DPR-RI.

“Nggak berubah, tetep begini aja,” kata Uya Kuya.

Pertama, Uya Kuya akan tetap mempertahankan nama panggungnya setelah jadi pejabat nanti. Ia bahkan sudah mengurus ke pengadilan untuk memakai identitas itu selama Pemilu 2024.
“Insya Allah pakai Uya Kuya. Udah ngurus ke pengadilan gue,” tutur Uya Kuya.

Kedua, Uya Kuya akan mempertahankan gaya nyentrik lewat rambut warna-warni yang selama ini jadi ciri khasnya.

“Rambut juga tetep warna-warni,” ujar Uya Kuya.
Untuk nama, tidak ada yang mempermasalahkan keputusan Uya Kuya. Mengingat identitas tersebut memang lebih populer ketimbang nama aslinya, Surya Utama.

Namun terkait masalah rambut warna-warni, keputusan Uya Kuya tentu menimbulkan tanda tanya. Mengingat Pasha Ungu pun pernah kena tegur menteri gara-gara bekerja dengan warna rambut pirang semasa menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu.

Meski begitu, Uya Kuya yakin tidak ada masalah dengan pilihannya. Ia percaya orang-orang akan tetap menaruh kepercayaan padanya sebagai salah satu lulusan kampus ternama Tanah Air.
“Sarjana gue UI, jurusan ilmu politik, sarjana politik. Orang selama ini nggak tahu gue cuma pura-pura o’on,” pungkas Uya Kuya.

Sumber : Suara