8 Program Strategis Kurikulum Jadi Matrikulasi di MAN 3 Pekanbaru

oleh -606.579 views
oleh
MAN 8 Program Strategis Kurikulum Jadi Tujuan Matrikulasi di MAN 3 Pekanbaru
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru pada Sabtu, 3 Juni 2023 melaksanakan kegiatan matrikulasi kepada siswa-siswi yang telah lulus pada tahun ajaran baru 2023-2024 sebanyak 318 orang.

Pekanbaru | MEDIAREALITAS – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru pada Sabtu, 3 Juni 2023 melaksanakan kegiatan matrikulasi kepada siswa-siswi yang telah lulus pada tahun ajaran baru 2023-2024 sebanyak 318 orang.

Kegiatan matrikulasi ini dilaksanakan mulai tanggal 3, 5, hingga 16 Juni 2023 mendatang yang diikuti oleh siswa dari peserta didik baru jalur Peserta Siswa Unggulan (PSU) dan jalur siswa reguler.

Kepala MAN 3 Pekanbaru H. Marzuki M.Ag melalui Kepala TU Jamaris S.Pdi mengatakan bahwa kegiatan matrikulasi ini sangat penting diikuti oleh peserta didik baru, yang mana menurutnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dari siswa tersebut.

Jamaris menyebutkan juga para peserta matrikulasi pada tahun ini terdiri dari berbagai asal sekolah, mulai dari sekolah negeri maupun swasta hingga pondok pesantren dan madrasah negeri.

“Jadi tujuan kita melaksanakan matrikulasi ini, agar peserta didik baru yang ikut bisa lebih mengenal lingkungan sekolah tempatnya belajar nanti. Selain itu, mereka (siswa, red) juga dapat lebih mengenal langsung tenaga pendidik yang akan mengajarnya diberbagai pelajaran,” ujar Jamaris.

Yang terpenting lagi di matrikulasi tersebut menurut Jamaris, terdapat informasi program strategis akan disampaikan oleh tenaga pendidik yang perlu diketahui oleh peserta didik.

“Di MAN 3 ini kita memiliki delapan program strategis kurikulum yakni kelas internasional, kelas agama atau timur tengah, kelas riset, kelas olimpiade, kelas robotik, kelas programmer, dan kelas enterpreneur. Maka disaat matrikulasi inilah mereka para siswa akan kita bagi kelasnya sesuai bakat dan minat. Dan hal ini akan menjadi daya tarik bagi bagi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di madrasah yang kita cintai ini,” jelas Jamaris.

“Program strategis kurikulum yang delapan ini sudah terlihat jelas kemajuannya ,diantaranya yaitu telah membawa siswa-siswi MAN 3 Pekanbaru dalam memperoleh prestasi, baik dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Salah satunya yakni di kelas robotik anak kita telah mengikuti ivent nasional di Yogyakarta yang mendapatkan juara 4 tingkat nasional. Kemudian di kelas olimpiade kita juga sedang meloloskan anak kita ditingkat provinsi menuju nasional dalam program Kompetisi Saint Nasional atau KSN, semoga berhasil sesuai harapan kita semua,” tutupnya.

Sementara itu, Kasi Penmad Kemenag kota Pekanbaru Dr.H.Rialis M.Pd yang membuka kegiatan pelaksanaan matrikulasi MAN 3 Pekanbaru menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta didik yang hadir agar bisa menyetarakan atau menyesuaikan pendidikan awal mereka untuk belajar di ruang lingkup sekolah madrasah tersebut.

“Disinilah pentingnya para peserta didik mengikuti matrikulasi ini, karena tidak semuanya mereka yang telah diterima disini berasal dari sekolah madrasah. Setelah kita data terdapat 60 persen siswa berasal dari sekolah menengah umum. Dan matrikulasi ini juga dapat membantu serta memudahkan para guru dalam menentukan bakat dan minat anak,” ujar Rialis.

Terakhir, Rialis mengharapkan kepada para peserta matrikulasi agar bisa mengikuti dengan serius dan bersungguh-sungguh, sehingga diakhir kegiatan nantinya dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai tujuan dalam memajukan mutu pendidikan di MAN 3 kota Pekanbaru.

“Mudah-mudahan kegiatan ini lancar sesuai harapan kita semua, karena matrikulasi ini merupakan bagian dari pemetaan dalam pembagian kelas sesuai bakat dan minat anak tersebut,” tutup Rialis.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Waka Kurikulum MAN 3 Pekanbaru yang juga sebagai ketua panitia matrikulasi TA 2023-2024 M.Ridwan S.Ag, M.Pd, Waka Humas MAN 3 Pekanbaru Raini M.A dan Waka Sarpras MAN 3 Pekanbaru Hadir M.Pd. (mrz)

Penulis : Mirza
Editor : Rotani