Rangkaian HPN di Solo, dari Pameran Foto Jokowi Hingga Pentas Kethoprak Wartawan

oleh -113.579 views
oleh
Rangkaian Hari Pers Nasional di Solo, dari Pameran Foto Jokowi hingga Pentas Kethoprak Wartawan

SOLO | Realitas -Monumen Pers Nasional (MPN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang jatuh pada 9 Pebruari.

Sejumlah rangkaian kegiatan sudah disiapkan oleh MPN dan PWI Surakarta untuk memperingati HPN. Di Monumen Pers Nasional akan digelar pameran foto dengan tema ‘HPN Selama Kepemimpinan Presiden Jokowi 2014-2022’ mulai 1-28 Februari 2023 bertempat di Hall MPN.

Selain itu juga akan digelar talk show tentang pers, pelatihan jurnalistik untuk umum, pelatihan produksi berita dengan handphone dan lainnya. Kegiatan tersebut dirangkai dalam tajuk Festival Pers HPN 2023. Festival Pers HPN 2023 akan dibuka pada Rabu, 1 Pebruari 2023 oleh Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Kepala MPN, Widodo Hastjaryo mengatakan pameran foto berasal dari dokumen pribadi, dokumen MPN hingga dokumen media-media lainnya. Pemilihan tema kepemimpinan Jokowi merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan perhatian Presiden Joko Widodo terhadap pers di tanah air.

PWI Surakarta juga menggelar Malam Tirakatan HPN bertempat di Hall MPN untuk melakukan refleksi atas perjalanan kesejarahan tantangan pers nasional khususnya pers di Surakarta.

Kemudian, talkshow tetang pers di sejumlah media penyiaran, pemberian apresiasi kepada tokoh inspiratif, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), pelatihan kehumasan bagi humas Cabor olahraga di Solo.

PWI juga akan menggelar edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya informasi yang jernih di masyarakat di tengah maraknya hoaks. Uniknya, edukasi itu dikemas dalam pentas budaya Kethoprak pada 28 Pebruari mendatang.

“Pentas kethoprak ini akan dimainkan oleh pemain gabungan dari kalangan wartawan, pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat dan pemain dari RRI dengan mengambil tema pentingnya informasi jernih dan benar di era sekarang. Pementasan akan dilaksanakan di Auditorium RRI Surakarta,” ungkap Anas Syahirul, Ketua PWI Surakarta.

Widodo menambahkan, rangkaian HPN itu sudah dimulai pada 25 Januari 2023 dengan acara Seminar Nasional tema “Media Massa Nasional Menghadapi Disrupsi Digital” dengan Keynote Speaker Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik (Dirjen IKP), dan Ketua PWI Pusat.

Ada pula acara untuk anak-anak berupa Mading 3D Competition Tingkat SMP/MTs pada 1-23 Februari 2023, workshop pembuatan video menggunakan handphone atau vlog pada 6 Februari 2023, lomba mewarnai untuk TK dan SD pada 12 Februari 2023, bertempat di Monumen Pers Nasional.

Acara yang digelar di Monumen Pers Nasional dapat dihadiri masyakarat umum. Festival Pers Nasional digelar untuk menarik perhatian masyarakat mengenal sejarah pers di Indonesia.(*)